Kodim Indramayu Miliki Alat Penghancur Sampah Plastik Jadi BBM

137
INOVASI. Kodim 0616 Indramayu mengenalkan alat membakar limbah plastik menjadi BBM dalam kegiatan TMMD 101 Kodim Indramayu di Desa Cempeh, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu

INDRAMAYU-Kodim 0616 Indramayu  memperkenalkan alat penghancur sampah plastik yang menghasilkan bahan bakar minyak (BBM) atau Converstik di hadapan tim pengawas dan evaluasi (Wasev) Mabes TNI dalam kunjungannya ke lokasi TMMD ke-101. Mereka (anggota tim Wasev, red) memuji Kodim Indramayu yang dinilai mampu menggali potensi sumber minyak dari bahan limbah plastik.

Dandim 0616 Indramayu Letkol Kav Agung Nur Cahyono SIP MTr (Han) mengatakan alat penghancur sampah plastik atau converstik merupakan solusi yang tepat bagi masyarakat untuk bisa menggalih sumber daya alam (SDA) berupa BBM. Melalui alat yang satu ini, limbah sampah plastik yang selama ini sulit untuk dimusnahkan dan sekarang ada nilai ekonomisnya.

Di samping itu,  kata Agung, dengan alat penghancur limbah plastik juga bisa menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya dari sampah berserakan. Bukan hanya lingkungan menjadi bersih, masyarakat bisa mendapatkan BBM dari hasil pembakaran guna keperluan rumah tangga.

Untuk prosesnya pun sangat mudah dan tidak berbelit belit. Yakni, sampah plastik dimasukan ke dalam alat pembakar lalu dinyalakan dengan korek api, lalu terjadilah proses pembakaran.

Dengan membakar sampah plastik 1 kg dapat menghasilkan 1,2 Liter bahan bakar sejenis bensin, 0,25 jenis solar dan 0,28 minyak tanah, harapanya dengan alat tersebut dapat menjadi solusi lingkungan yang bebas sampah.

Ditambahkannya, alat penghancur sampah plastik atau converstik yang mempunyai beberapa bagian meliputi tabung reaktor yaitu bagian untuk memasukan sampah plastik yang akan dibakar. Kemudian condensor berguna sebagai pendingin, serta pipa penyalur yang akan mengalirkan minyak dari hasil pembakaran. Sistem kerja alat tersebut dengan cara dibakar menggunakan kompor dan bahan bakar gas.

Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabes TNI Kolonel Laut Zakaria Girsang mengatakan  Kodim merupakan satuan teritorial yang sangat di andalkan oleh TNI AD, berbagai penghargaan telah diraih karena torehan prestasi yang telah diukir oleh Kodim 0616. Pihaknya mengapresiasi kinerja Kodim yang mempunyai alat pembakar sampah plastik menjadi BBM. “Itu yang menjadi kebanggaan TNI yang lebih maju dalam merancang teknologi,”terangnya. (rls/KodimCup)

 

BAGIKAN