Komisi V DPR Fraksi Partai Demokrat Minta Kemenhub Perlu Menutup Rute ke Luar Negeri

Komisi V DPR Fraksi Partai Demokrat Minta Kemenhub Perlu Menutup Rute ke Luar Negeri

RAKYATCIREBON.ID-Kementerian Perhubungan (Kemhub) perlu menutup rute ke luar negeri, khususnya negara yang telah terjangkit virus corona atau covid-19. Koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemkes) di masing-masing negara itu juga harus dilakukan.

Demikian disampaikan Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan, Senin (2/3/2020). Irwan mengharapkan hal itu dilakukan menyusul dua orang Indonesia yang positif covid-19.

“Terkait adanya dua warga Indonesia positif korona, maka saya minta Kementerian Perhubungan sebagai regulator untuk menutup rute kota-kota di luar negeri yang terindikasi telah terinfeksi, termasuk Jepang dengan sebelumnya berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan di negara-negara luar yang terindikasi positif korona,” kata Irwan.

Irwan pun mendorong Kemhub untuk fokus meningkatkan aktivitas penerbangan lokal dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait. Tujuannya agar penyebaran covid-19 tidak berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Masker

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan meminta pemerintah meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang covid-19. Syarief menyoroti kelangkaan masker.

“Seperti contoh masker misalnya, sekarang ini kan agak sulit diperoleh masyarakat. Jadi saya pikir itu yang harus juga disosialisasikan ke masyarakat. Masyrakat juga harus diimbau untuk tetap tenang dan tetap waspada terhadap dampak daripada penyakit korona ini,” kata Syarief.

Di sisi lain, Syarief mendukung dibentuknya panitia kerja ketahanan negara menghadapi covid-19.

“Hasil panja itu akan mudah-mudahan bisa melengkapi secara komprehensif bagaimana menangani kasus korona ini,” imbuh wakil ketua umum Demokrat tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!