KPU Gelar Simulasi Pencoblosan

460
SIMULASI.
SIMULASI. Plt Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina saat acara simulasi pencoblosan, Minggu (13/5), di Lapangan Bola Gigir Lintang, Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon menggelar simulasi pencoblosan, Minggu (13/5) di Lapangan Bola Gigir Lintang, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Bukan hanya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, simulasi ini juga memberikan gambaran tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang dilaksanakan serentak pada 27 Juni mendatang.

Pantauan Rakcer, sekitar 400 warga diundang untuk mengikuti simulasi saat ini. Bukan hanya jajaran KPU Kabupaten Cirebon, terlihat Plt Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina dan Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq ijut menyaksikan jalannya simulasi.

Kepada wartawan, Endun menyebutkan simulasi ini memang sengaja dilakukan oleh KPU sebagai cara mengetahui pelaksanaan pencoblosan mendatang. Dia menegaskan, KPU akan terus berupaya untuk menggelar pemilihan berkualitas.

“Pelaksanaan simulasi ini selain untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat melakukan pencoblosan, kita juga bisa melihat bagaimana petugas kita dalam bertugas nantinya. Simulasi dilakukan sejak awal pendaftaran hingga akhir penghitungan suara,” tegasnya.

Ditambahkan Endun, Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah yang dipilih sebagai lokasi simulasi selain empat daerah lainnya. Dia mengatakan, pemilihan daerah simulasi dimaksudkan untuk mengetahui secara menyeluruh dari berbagai macam latar belakang masyarakat.

“Di Kabupaten Cirebon ini sebagai sample masyarakat nelayan. Kabupaten Bandung segmentasinya adalah pemilih di kawasan industri. Kabupaten Garut segmentasi pemilih di wilayah pegunungan, Bekasi untuk daerah urban dan Kabupaten Sukabumi untuk pemilih siwilayah perbatasan antara kota dan perkampungan. Saya kura lima daerah itu bisa dijadikan acuan kita sebagai bahan evaluasi dan persiapan,” tambahnya.