KPUD Berencana Revisi Anggaran APK

INDRAMAYU – Banyaknya protes dan aspirasi yang dilayangkan atas kerusakan alat peraga kampanye (APK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu berencana merevisi anggaran peruntukkannya. Kabarnya, revisi anggaran akan dilakukan untuk mengganti APK yang rusak atau pun hilang.

kpud indramayu
KPUD Indramayu. Foto : Tardiarto Azza/Rakyat Cirebon

Hal itu dibenarkan Ketua KPU Kabupaten Indramayu, M Hadi Ramdlan. Terhadap persoalan APK yang tidak bertahan lama di banyak titik pemasangannya diakui menjadi bagian untuk diselesaikan. Bahkan, langkah evaluasi sudah dilakukan dengan melibatkan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kabupaten. “Terkait APK yang tidak layak kami sudah evaluasi dengan PPK,” jelasnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Untuk melengkapi APK yang dinyatakan rusak dan hilang, sesuai surat KPU RI dan Provinsi Jawa Barat akan dilakukan revisi terhadap anggaran pengadaan barang. “APK yang hilang sesuai surat KPU RI dan provinsi bisa dibuat kembali. Meskipun terbentur anggaran, kami akan berusaha merevisi anggarannya untuk pengadaan barang. Mudah-mudahan waktunya cukup,” paparnya.

Dikatakan, saat ini KPUD bersama PPK dan stakeholder terkait sedang menginventarisir jumlah APK rusak maupun hilang. Selanjutnya PPK diminta untuk membut berita acara, namun APK yang hilang harus dilengkapi laporan kepolisian. “Sedang diinventarisir jumlah yang hilang dan rusak. Jadi nanti akan diketahui jumlah dan kondisinya,” terang dia.

Terhadap APK yang masih terpasang namun dinilai tidak berada pada lokasi strategis, pihaknya telah berdiskusi dengan tim kampanye dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Upaya itu menghasilkan kesepakatan untuk pemasangan berjarak 50 meter dari gedung pemerintahan agar terjaga hingga 5 Desember mendatang. “Supaya lebih terjaga dan mudah dipantau, nanti yang letaknya tidak strategis akan dipindahkan. APK juga harus bisa terlihat jelas oleh masyarakat,” tegasnya.

Seperti diketahui, APK yang rusak, hilang, dan tidak tepat penempatannya itu terdapat di banyak lokasi. Adapun bentuknya berupa baliho, spanduk, dan umbul-umbul. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!