KSBSI Dukung Ridwan Kamil Karena Visi Rindu

396
RK
DIDUKUNG. Cagub Jabar nomor urut 1 diberikan banyak dukungan oleh kelompok buruh di Kota dan Kabupaten Bogor.

DPC Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kabupaten dan Kota Bogor mendeklarasikan dukung Ridwan Kamil, calon Gubernur Jabar nomor urut satu untuk memenangkan kontestasi Pilgub Jabar 27 Juni mendatang.

“Program Ridwan Kamil untuk buruh sejalan dengan harapan buruh, maka suara kami, KSBSI, kami serahkan ke Ridwan Kamil,” kata Ketua DPC KSBSI Kabupaten Bogor Haryanto pada acara deklarasi KSBSI untuk Ridwan Kamil di sebuah resto di Kabupaten Bogor, Minggu, (27/5).

Hal serupa diungkapkan Ketua DPC KSBSI Kota Bogor Wagiyo. Menurutnya, dengan titipan suara buruh kepada Kang Emil, dia ingin Wali Kota Bandung nonaktif ini dapat menyejahterakan buruh. “Semoga di bawah kepemimpinan Pak Ridwan Kamil ke depan tidak ada lagi  gugatan upah,dan masalah upah rendah, upah di bawah UMK tidak ada lagi,” kata dia.

Dia menjelaskan di KSBSI Bogor Raya  ada beberapa DPC sesuai dengan industrinya. Antara lain, DPC Hukatan (Hutan Perkayuan Aneka Industri dan Pertanian) dengan jumlah anggota 12 ribu orang; DPC Garteks (Garment Tekstil, Kulit Sandang Sepatu) dengan jumlah anggota 20 ribu; Lomenik (Logam Mesin Elektronik dan Elektrik) dengan jumlah anggota 5000 buruh; Kamiparho (Makanan Minuman Pariwisata Restoran dan Hotel) dengan jumlah anggota 3000 buruh; dan terakhir Nikeuba (Niaga Keuangan dan Perbankan) dengan jumlah anggota 5000 buruh.

Menangapi hal itu,  Ridwan Kamil mengapresiasi deklarasi dukungan kepada Rindu. “Saya sangat terharu dukungan berbagai unsur buruh di Bogor dan kota- kota lainnya, ” kata Kang Emil.

Menurut dia, dukungan buruh ini sangat signifikan, karena ketika ia datang ke satu pabrik di Bekasi, misalnya ada satu pabrik yang buruhnya 2000 orang. “Itu baru mereka, belum kalau program Rindu disampaikan ke keluarganya, orang tuanya, saudaranya, faktor pengalinya sangat signjfikan,” ujar Wali Kota Bandung yang meraih 325 penghargaan ini.