Kunker, Komisi A Dibuat Gigit Jari

10
Kunjungan hanya Diterima Sekwan, Saat Pulang Tidak Disediakan Tiket Kereta Api

KEJAKSAN– Kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan DPRD Kota Cirebon ke luar Jawa benar-benar tidak efektif. Padahal, anggaran yang digelontorkan tak sedikit. Dikabarkan menyentuh angka setengah miliar rupiah.
kunjungan kerja dewan
Ilustrasi kunjungan kerja dewan. Image home.indosoc.org.uk
Hal itu diketahui saat Komisi A DPRD Kota Cirebon kunker ke Pulau Dewata. 
Di sana, Komisi A bertandang ke DPRD Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Ironisnya, tak ada hasil yang didapat para wakil rakyat dari kunker ke Bali selama tiga hari itu.
Salah seorang anggota Komisi A DPRD menyampaikan, para wakil rakyat dari Kota Cirebon dibuat gigit jari. Saat berkunjung ke DPRD Kabupaten Badung, Komisi A DPRD hanya disambut dan ditemui oleh sekretaris dewan (sekwan) setempat. “Kita di sana hanya ditemui sekwan,” kata anggota dewan yang meminta identitasnya tak dikorankan itu, kemarin.
Tak hanya itu, legislator yang dikenal vokal itu menambahkan, saat berkunjung ke DPRD Kota Denpasar pun kondisinya tak jauh berbeda. Di sana, mereka hanya ditemui oleh seorang anggota dewan dan sekwan DPRD setempat. “Di Denpasar hanya satu anggota dewan yang menemui,” kata dia.
Kondisi itu, lanjutnya, disebabkan kesibukan para anggota dewan di dua DPRD tersebut dengan agenda kerja yang sedang dijalankan. “Anggota dewan di Denpasar dan Badung sedang sibuk melaksanakan agenda kerjanya. Sama sedang kunker juga ke daerah lain,” tuturnya.
Menurutnya, kondisi itu menunjukkan bahwa kunker yang dilakukan Komisi A tidak efektif. Karena tak ada hasil optimal yang didapat. “Ini beneran tidak efektif. Sangat tidak efektif. Belum lagi jadwal yang disusun terlalu mepet dengan lebaran Idul Adha, kita sampai ke Cirebon Kamis dinihari,” ujarnya.
Belum lagi, masih kata anggota dewan itu, saat hendak pulang dari Jakarta menuju Cirebon, dewan tak disiapkan tiket kereta api. “Jadi kita pulang dari Jakarta ke Cirebon itu pakai mobil. Kejebak macet lama,” keluhnya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan ponsel, Anggota Komisi A, Ruri Tri Lesmana tak banyak bicara. Ia hanya mengaku, tiba di Cirebon pada malam lebaran. “Saya datang ke Cirebon malam lebaran,” kata politisi yang juga ketua Fraksi Gerindra itu singkat. (jri)
BAGIKAN