Lanjut S2 di UIN Jogja, Langsung Masuk Tanpa Tes Bagi Alumni IAIN Cirebon

Lanjut S2 di UIN Jogja, Langsung Masuk Tanpa Tes Bagi Alumni IAIN Cirebon

RAKYATCIREBON.ID – Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Program  Studi IAT Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar kuliah tamu dengan narasumber Dr Alim Roswantoro MAg, Dr H Fahrudin Faiz MAg, Dr Inayah Rohmaniyah MHum MA dan Dr Ahmad Baidowi SAg MSi, Selasa (21/1) di Aula FUAD IAIN Cirebon. 

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi kedua fakultas dari dua PTKIN itu. Selain memaparkan tentang keilmuan Al-Quran dan Tafsir, pemateri dari kedua fakultas juga membahas peluang kerja sama yang bisa dilakukan kedua fakultas. Salah satunya ialah program kuliah pascasarjana bagi lulusan S1 FUAD yang ingin melanjutkan ke UIN Jogja bisa langsung diterima tanpa tes.

Ketua Program Studi IAT IAIN Cirebon, Muhammad Maimun, mengungkapkan, realisasi kerja sama tersebut sudah bisa dilaksanakan sejak sekarang. Untuk itu, pihaknya mendorong mahasiswa dan alumni IAT memikirkan untuk melanjutkan kuliah jenjang S2 di UIN Jogja. Lantaran  adanya jaminan kemudahan masuk tanpa tes tersebut.

“Alumni kita yang ingin melanjutkan perkuliahan S2 di UIN Jogja itu bisa langsung tanpa tes. Karena masing-masing dari kami sudah kerja sama ada kemudahan yang diberikan untuk IAIN Cirebon,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Senada, Dr Fahrudin Faiz MAg yang merupakan akademisi di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Joga menegaskan, alumni Fakultas Ushuluddin memegang peranan penting dalam keberislaman di Indonesia. Pasalnya, sebagai jantung PTKIN, Fakultas Ushuluddin  juga berkepentingan menelurkan lulusan yang andal dan berpendidikan tingg.

“Setidaknya bagi alumni S1 Ushuluddin itu harus punya cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2,” ujar dia. Apalagi, lanjut Faiz, banyak beasiswa yang bisa diakses saat menjadi mahasiswa UIN Jogja.

Sementara itu, Dekan FUAD IAIN Cirebon, Dr Hajam MAg mengatakan, kunjungan rombongan UIN Jogja ke FUAD merupakan ajang silahturahim kedua pihak. Menurutnya, hubungan baik keduanya sudah terjalin lama. Pasalnya, tidak sedikit dosen di IAIN Cirebon merupakan alumni UIN Jogja. Begitu pun banyak pula mahasiswa S2 UIN Jogja merupakan alumni S1 IAIN Cirebon.

“Sehingga dengan kedatangan rombongan dari UIN Jogja ini kami siap bekerja sama meningkatkan mutu pendidikan keislaman di Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Cirebon,” tukas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!