Literasi Islam Moderat Tangkal Paparan Radikalisme

11

RAKYATCIREBON.CO.ID – Gerakan menangkal bahaya radikalisme di lingkungan kampus dilakukan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Ciebon.Pembahasan itu mencuat pada  stadium general pendidikan Islam moderat di lantai 3 pascasarjana kampus setempat, Senin (26/8).  Acara ini diikuti pimpinan fakultas, jurusan, tenaga kependidikan, dan 300 mahasiswa.

Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Farihin Nur MPd memaparkan, pemahaman mengenai Islam moderat terus digaungkan guna menangkal gerakan radikalisme. Menurut Farihin, mahasiswa IAIN diharapkan mampu menyebarkan Islam yang moderat.

“Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki persepsi yang komprehensif tentang pendidikan islam. Insan akademik yang ada di sini juga berwawasan moderat yang jauh dari sikap-sikap radikal,” ungkapnya.

Farihin menambahkan, FITK membebaskan mahasiswanya dalam menuangkan gagasan dan pikiran. Sebagai calon pendidik, kreativitas dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa juga tidak dibatasi. Hanya saja, semua pokok gagasan itu harus didadarkan pada pemahaman Islam yang moderat.

Sehingga diharapkan, gagasan untuk menyebarkan Islam moderat ini diharapkan mampu menguatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya moderasi Islam. Sekaligus membentengi  kampus dari paham radikalisme.

Farihin memastikan, hingga saat ini tidak ada gerakan radikalisme di lingkungan kampus. Apalagi di lingkungan FITK. Getolnya FITK IAIN kampanyekan Islam moderat sebagai bentuk literasi keislaman sesuai anjuran dari Kementerian Agama RI.

“Untuk menangkal sikap-sikap radikalisme itu kami juga mencegahnya melalui berbagai kegiatan, seperti stadium general, seminar, dan berbagai kegiatan lainnya. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan  persepsi yang komprehensif dan holistik baik dalam tataran mahasiswa mau pun dosen,” pungkasnya. (wan)

BAGIKAN