LP2M Terus Berdayakan Madrasah

LP2M Terus Berdayakan Madrasah

RAKYATCIREBON.ID – Eksistensi Madrasah dalam Pembangunan Pendidikan Islam di Indonesia tidak diragukan lagi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai salah satu PTKIN di Jawa Barat bagian Timur melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) memiliki tanggung jawab moral dan merasa terpanggil untuk berperan serta dalam pemberdayaan Madrasah.

Melalui Program Pendampingan, LP2M menjadikan MTs Buninagara Kecamatan Malausma Kabupaten Cirebon sebagai salah satu Madrasah Binaan.

Menurut Kang Yani sapaan akrab Ketua LP2M Ahmad Yani, bahwa pemberdayaan dan pendampingan yang dilakukannya mencakup pemberdayaan Madrasah, Pesantren, Masjid, Komunitas dan Koperasi Syariah.

Tahun 2020 ini,  Pendampingan Pesantren dilakukan Ponpes Al-Mutawally Bojong Cilimus, Koperasi Syariah di Yayasan Arruhama, Komunitas Ekowisata di Taman Nasional Gunung Ciremai, Pemberdayaan Ekonomi keluarga di Setu Patok Cirebon, Pemberdayaan Masjid dan Komunitas di Kota Cirebon melalui Gerakan Magrib Mengaji,  dan Pemberdayaan Madrasah di MTs Buninagara.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, diawali dengan penadatanganan Naskah Kesepakatan Kerjasama dengan para pihak. Untuk di MTs Buninagara dilaksanakan Workshop Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru-guru MTs di Kelompok Kerja Madrasah MTs 4 Majalengka dengan jumlah peserta 40 orang, yang dilaksankan dari tanggal 3 dan 4 Nopember 2020.

Dalam acara pembukaan Workshop tersebut hadir Pengawas Madrasah H Yudi Jaenudin MPd, Ketua KKM MTs 4 Majalengka H M Jaenudin MPd, Kepala MTs Buninagara H Wahyudin SPdI, Kepala Desa Buninagara Asep Sukmawan SIP.

Dari pihak LP2M dihadiri langsung Ketua LP2M Dr H Ahmad Yani MAg, dampingi Kapuslit dan Publikasi Ilmiah Dr Budi Manfaat MSi, Kapus PkM  H Mahbub Nuryadien MAg, Sekretaris LP2M Hj Ery Khaeriyah SAg MA, Kasubag LP2M Drs H Ibnu Sina  MSi dan staf.

Bertindak sebagai narasumber Instruktur Nasional PAI H Toto Warsito MAg  dan Guru PAI Berprestasi SMAN 2 Kota Cirebon juga Instruktur PAI Provinsi Jabar Hj Ayi Nining MAg.

Dalam kesempatan itu Yani menegaskan bahwa program2 ini dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, emperluas jejaring kelembagaan, serta penguatan kapasitas sumber daya pendidikan Islam.

“Untuk di Kabupaten Cirebon dan Indramayu akan dilanjutkan kerjasama pengabdian kepada Masyarakat melalui KKN Mahasiswa dan pendampingan desa insyaa Allah,” tuturnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!