Mana Hasil Penelitian di Pelabuhan?

44
Rapat Kerja
SOAL PELABUHAN. Komisi II DPRD Kota Cirebon saat menggelar rapat kerja bersama PT Pelindo, KSOP dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, kemarin, di Griya Sawala gedung dewan.

CIREBON – Penelitiaan terhadap air laut di kawasan Pelabuhan Cirebon, hasilnya masih misterius. Sekitar tiga pekan setelah pengambilan sampel air laut oleh PT Anugerah Analisis Sempurna (AAS) sebagai pihak ketiga yang ditunjuk PT Pelindo II Cabang Cirebon, hingga kini hasilnya belum dikeluarkan.

Hal itu terungkap saat Komisi II DPRD Kota Cirebon menggelar rapat kerja dengan menghadirkan perwakilan PT Pelindo, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Senin (9/4), di Griya Sawala gedung dewan.

“Kita ambil sampel, terutama air laut di beberapa titik di pelabuhan, pada pertengahan Maret kemarin. Kita lakukan pada kondisi pasang dan surut air laut. Sehingga kita bisa ketahui baku mutu di dua kondisi itu,” ungkap Asisten Deputy GM Bidang Teknik, Nugi.

Dia mengakui, PT Pelindo menunjuk PT AAS sebagai konsultan atau pihak ketiga yang melakukan penelitian, lantaran sudah memiliki sertifikasi di bidang tersebut. “Kita sudah koordinasi, katanya pengujian sudah dilakukan. Tapi hasilnya masih berupa draf. Mungkin beberapa hari kedepan sudah keluar,” katanya.

Di tempat yang sama, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Kota Cirebon, Hj Imas Maskanah ST MM menyampaikan, pihaknya pada Februari lalu diajak berkoordinasi oleh Polres Cirebon Kota untuk meneliti dugaan pencemaran lingkungan di Pelabuhan Cirebon.

“Saat itu kami bersama kepolisian untuk meneliti pada 20 Februari. Kemudian 20 Maret dilakukan penelitian lagi, PT Pelindo menggandeng PT AAS untuk melakukannya dan menjanjikan 10 hari bisa ada hasilnya. Tapi sampai hari ini juga belum,” kata Imas.

1
2
BAGIKAN