Masuk IAIN Cirebon Diprediksi Makin Ketat, Ini 3 Jurusan Paling Diminati

1874
MAHASISWA BARU. Momen saat mahasiswa baru IAIN Cirebon mengikuti Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK). (Foto;Ist)

RAKYATCIREBON.ID – IAIN Syekh Nurjati Cirebon segera membuka Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) tahun akademik 2020-2021. Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Saifudin Zuhri MAg mengungkapkan, persaingan masuk IAIN diprediksi makin ketat.

Lantaran Peraturan Menteri Agama (PMA) 15/2018 tentang Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan mengharuskan adanya pembatasan jumlah rombongan belajar (rombel) di tiap jurusan di PTKIN berdasarkan akreditasinya. Jurusan yang terakreditasi A maksimal bisa membuka 5 rombel.

“Sementara jurusan yang akreditasinya B itu 3 rombel. Dan akreditasi C hanya 2 rombel maksimal. Dengan jumlah mahasiswa per rombel 35 orang,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon belum lama ini.

Pembatasan rombel itu, lanjut Saifudin, berarti PTKIN tidak bisa menerima mahasiswa sebanyak-banyaknya. Begitu juga dengan IAIN Cirebon. Pada tahun akademik 2019-2020, IAIN Cirebon menerima lebih dari 3000 mahasiswa. Namun tahun ini, jumlah mahasiswa yang akan diterima dipastikan berkurang.

“Jumlah peminat kuliah di IAIN itu setiap tahun meningkat. Tahun lalu ada 22 ribuan yang mendaftar. Dengan adanya PMA yang mengatur pembatasan rombel ini maka persaingan masuk ke IAIN akan makin ketat. Persaingannya 1 banding 20. Artinya dari 20 pendaftar hanya 1 yang akan diterima,” kata dia.

Saifudin menjelaskan, ada tiga fakultas di IAIN Cirebon. Yakni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) dan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD). Masing-masing fakultas punya jurusan yang paling diminati. Yaitu jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di FITK, jurusan Perbankan Syariah (PS) di FSEI dan jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) di FUAD.

Saifudin pun berpesan, bagi lulusan SLTA yang ingin masuk IAIN Cirebon untuk bersiap diri. Yakni kompetensi dan potensi. Yang menjadi pra syarat saat PCMB IAIN Cirebon dibuka pada pertengahan 2020 mendatang.

“Persiapan dari masing mahasiswa untuk bisa menembus. Memiliki kompetensi dan potensi. Kompetensi itu akan dilihat saat dia masih SMA. Kemudian potensi itu akan kami uji apakah dia layak masuk jurusan yang dia mau,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan, Kamal MA MAk mengungkapkan, draft PCMB sudah disusun. Segera akan dipublikasi usai disetujui rektor. Draft itu memuat ketentuan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Cirebon. “Nunggu ditandatangani Pak Rektor,” tukas dia. (wan)

BAGIKAN