Masyarakat Indramayu Diimbau Salat Idul Fitri di Rumah

Masyarakat Indramayu Diimbau Salat Idul Fitri di Rumah

RAKYATCIREBON.ID-Masyarakat Kabupaten Indramayu diimbau agar melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah secara berjamaah di rumah masing-masing. Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus di tengah pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat saat kunjungan kerja di Kecamatan Kandanghaur, Jumat (22/5). Imbauan untuk melaksanakan salat Idul Fitri secara berjamaah di rumah masing-masing itu, dikarenakan sampai saat ini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu belum menunjukan adanya tanda-tanda penurunan. Bahkan masih banyaknya warga Indramayu yang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Keputusan pelaksanaan salat Idul Fitri bagi umat muslim tersebut tertuang dalam Surat Edaran bernomor 443/1290/BPBD. Isinya menyebutkan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah di Kabupaten Indramayu dilaksanakan secara berjamaah di rumah masing-masing.

Dikatakan, isi surat edaran itu merupakan hasil rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dilaksanakan pada 18 Mei 2020 dan dihadiri oleh unsur pemerintah daerah, Forkopimda, dan MUI Kabupaten Indramayu. Selain itu, masyarakat diimbau pula agar tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19. Dan mengajak umat muslim di Kabupaten Indramayu untuk bermunajat kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 secepatnya berakhir. “Saya menghimbau sebaiknya salat Idul Fitri nanti dilaksanakan secara berjamaah di rumah saja bersama dengan keluarga inti. Mari kita bersama-sama berdoa meminta kepada Allah supaya wabah Covid-19 segera berlalu,” ujarnya.

Sementara itu, perkembangan data kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu hingga Jumat (22/5) pukul 14.00 WIB, jumlah pasien yang terkonfirmasi Covid-19 sudah mencapai 14 orang. Rincinya, 2 pasien meninggal, 2 pasien sembuh, dan 10 pasien masih dalam perawatan. Sedangkan 154 pasien hasil tes swab terdiri dari 14 pasien positif tes kesatu, 2 pasien positif tes kedua, 112 pasien negatif tes kesatu, dan 26 pasien negatif tes kedua.

Adapun jumlah PDP totalnya ada 162, yaitu 63 pasien selesai pengawasan atau sembuh, 56 meninggal, dan 43 pasien masih dalam pengawasan. Untuk jumlah ODP sudah sebanyak 835 yang terdiri dari 692 pasien selesai pemantauan, dan 143 pasien masih berstatus ODP. (tar)

FOTO: TARDIARTO AZZA

CEGAH. Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengimbau masyarakatnya agar salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!