Menhub: Efek BIJB Membuat Daerah Lebih Berdaya

388
PERCEPATAN
PERCEPATAN. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberi keterangan soal dampak ekonomi BIJB. Selain menjadi transportasi udara pokok di Jawa Barat keberadaan BIJB juga memicu percepatan pembangunan insfrastruktur lainnya di Jawa Barat.

CIREBON-Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi mengungkapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tahun ini bakal dioperasikan. Pada pekan ketiga Mei, direncanakan dilakukan pendaratan pesawat pertama.

Dia menyebut, BIJB menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia saat ini. Diapun optimis, pengoperasian BIJB bakal membawa dampak positif bagi pembangunan dan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya.

“Kami dari Kementrian Perhubungan, punya mandat. Yang  pertama membuat konektivitas dari satu tempat ke yang lain dan Kertajati bandara yang mengagumkan, yang bisa menjadikan daerah sekitar Jawa Barat ini berdaya,” ungkapnya.

Dia menilai, selain menjadi  transportasi udara pokok di Jawa Barat, keberadaan BIJB juga memicu percepatan pembangunan insfrastruktur lainnya di Jawa Barat. Misalnya, tol. Akses menuju BIJB sampai saat ini terus ditingkatkan.

Tol dan jalan provinsi menjadi andalan pemerintah agar akses menuju BIJB bisa dijangkau siapa saja. Selain Tol Cipali yang sudah dioperasikan, pemerintah juga masih membangun ruas tol lainnya seperti Cisumdawu dan beberapa ruas tol yang menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur. (wan)