MenPUPR Berharap Petani Panen Dua Kali

474
DAMPAK POSITIF. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimujono memastikan operasional Waduk Jati Gede di Kabupaten Sumedang berdampak positif bagi pertanian di Cirebon dan Indramayu. Secara nasional, KemenPUPR mencanangkan 65 waduk.

CIREBON-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR), Basuki Hadimujono memastikan operasional Waduk Jati Gede di Kabupaten Sumedang berdampak positif bagi pertanian di Cirebon dan Indramayu.

Sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat, Cirebon dan Indramayu memegang peranan penting bagi ketersediaan pangan lokal. Oleh karena itu, Basuki memprioritaskan dua daerah ini agar tersaluri irigasi yang cukup.

“Waduk Jati Gede ini terbesar kedua setelah Jati Luhur. Ini fungsinya sangat vital untuk pertanian di Cirebon dan Indramayu agar bisa dua kali tanam. Tentu irigasi akan kita penuhi dulu,” ungkap Basuki di salah satu acara di Kota Cirebon belum lama ini.

Ia menegaskan, keberadaan Waduk Jati Gede juga berfungsi sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga air yang memiliki potensi energi cukup besar yakni sekitar 110 megawatt.

Basuki mengatakan, upaya yang dilakukan kementrian yang digawangi saat ini untuk mendukung pertanian dalam negeri ialah banyak membuat bendungan atau waduk baru. Secara nasional, interval tahun 2015 sampai 2019 Kementerian PUPR membangun 65 waduk.