Muhammadiyah Ciledug Agendakan Pelatihan Kemandirian Ekonomi

92
MANDIRI. Pengurus PC Muhammadiyah Ciledug, merencanakan pelatihan kewirausahaan demi kemandirian ekonomi umat. Foto : Zezen Zaenudin Ali/Rakyat Cirebon

CIREBON – Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Ciledug mewacanakan agenda pelatihan untuk umat. Hal itu, dilakukan, sebagai salah satu bentuk untuk memberikan penguatan dan kemandirian ekonomi kepada masyarakat. Karena di Muhammadiyah terdapat instrumen dakwah bil hal amal makruf nahyi munkar. Adapun bentuk pembuktiannya dari segi ekonomi.

“Kita sudah punya rencana sebagai gerakan dakwah amal makruf nahyi munkar baik pendidikan, kesehatan, dan keagamaan. Saat ini, Muhammadiyah sedang gencar melakukan gerakan kemandirian ekonomi,” kata Adang Juhandi, salah satu dari pengurus PC Muhammadiyah Ciledug kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Menurut Adang,  gerakan kemandirian itu harus jadi perhatian serius. Untuk itu majelis ekonomi dan kewirausahaan PC Muhammadiyah Ciledug dalam waktu dekat akan menghelat pelatihan koperasi dan umkm bejerjasama dengan dinas koperasi umkm dan Dekopinda Kabupaten Cirebon.

“Sasaran utama aplikasi dari pelatihan ini untuk mendorong kemandirian ekonomi bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat umum,” kata dia.

Karena persoalan ekonomi ini tutur Adang, sering menimbulkan masalah sosial dan moral yang bisa merubah nilai-nlai keagamaan. Makanya, rencana kegiatan itu menjadi keharusan untuk dilaksanakan, bahkan, rencananya akan dihelat pada awal Mei 2018.

“Acaranya terbuka, baik untuk warga Muhammadiyah maupun masyarakat para pelaku umkm,” tuturnya.

Wacana dari dilakukannya pelatihan kedepan, diharapkan bisa membangun UMKM yang kuat dan bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Melalui kemandirian ekonomi kita ciptakan UMKM yang kuat dan peningkatan kesehahteraan umat,” pungasnya. (zen)

 

BAGIKAN