Mutu Manajemen IAIN Cirebon Bertaraf Internasional

Mutu Manajemen IAIN Cirebon Bertaraf Internasional

RAKYATCIREBON.ID – Perguruan tinggi menjadi pilar pendidikan. Tak cuma menyelenggarakan aktivitas akademik, perguruan tinggi juga harus menjaga manajemen mutu. Agar mampu menghasilkan lulusan yang juga bermutu baik.

Dalam rangka itu, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon tak ketinggalan memperbaharui mutu manajemen pelaksanaan proses pendidikan di kampus tersebut. Salah satu standar yang bisa digunakan ialah sertifikasi dari lembaga internasional. Dalam hal ini sertifikasi 9001 ISO 2015.

Ketua LPM IAIN Cirebon, Dr Ayus Ahmad Yusuf SE MSi menegaskan, sertifikasi 9001 ISO 2015  merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu, atau bisa disebut juga sebagai sertifikasi sistem manajemen kualitas.

Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu serifikasi manajemen kualitas.

Tujuan sertifikasi ini untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkkan suatu lembaga memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia  ISO. Lembaga yang berhasil lulus audit dan mendapatkan ISO 9001 2015 berarti telah ditetapkan secara internasional.

“Ini bentuk komitmen dari kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon terkait dengan penjaminan mutu,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Ayus menjelaskan,IAIN Cirebon sudah bersertifikat ISO 9001 2015 sejak dua tahun lalu. Proses audit (surveillance) tahun ini merupakan kali ketiga. “Ini adalah tahun ketiga proses surveilence nya. Karena sertifikat itu hanya berlaku satu tahun,” ulas dia.

Surveillance tahun ini digelar Rabu (2/12) dipusatkan di gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) kampus setempat. Item audit untuk keperluan sertifikasi meliputi banyak hal. Di antaranya aspek mutu manajerial, pelaksanannya, hingga SDM yang terlibat.

Sementara lokus surveillance meliputi Rektorat, Akademik dan Kemahasiswaan, Lembaga Penjamin Mutu, Pascasarjana dan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah.

Dia berharap, tahun ini IAIN Cirebon kembali mendapat sertifikat ISO 9001 2015. “Dengan adanya sertifikat ini artinya kita punya standar mutu secara internasional,” tukas Ayus. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!