Nayla Fadhilah, Teladani Sosok Kartini

173
Nayla Fadhilah

KISAH tentang sosok Kartini tidak lekang waktu. Meski sudah lebih dari 100  tahun lamanya, nama Kartini selalu hangat di telinga  perempuan  Indonesia.  Salah satunya Nayla Fadhilah.

Nayla mengagumi sosok Kartini lantaran membaca dan mendengar kisah sosok perempuan inspiratif ini. Bagi Nayla, Kartini  tak hanya luar biasa lantaran berani mendobrak sistem dan kultur patriarkis.

“Saya mengagumi sosok Kartini yang sudah berjuang membangun kesetaraan dan pendidikan bagi kaum perempuan,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Perjuangan  Kartini dalam merintis  gerakan pendidikan untuk perempuan dinilai sangat  berpengaruh  bagi gerakan  perempuan sesudahnya.  Berkat  Kartinilah,  peran perempuan lebih diakui. “Pendidikan itu penting bagi perempuan agar berfikiran maju,” ujarnya.

Menurut Nayla, bentuk peneladanan terhadap Kartini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adah peningkatan kualitas diri perempuan agar menjadi sosok  mandiri dan berpengaruh.

“Perempuan harus cantik fisik dan jiwanya. Perempuan juga  mesti punya jiwa ethic, leadership, dan enterpreneurship,” kata dia.  (wan)

BAGIKAN