Ngarak Calhaj Jadi Tradisi Tahunan

86
RAMAI
RAMAI. Arus lalu lintas padat di salah satu persimpangan saat jadwal keberangkatan jamaah calhaj di Indramayu.

INDRAMAYU – Arus lalu lintas di Indramayu kota selalu padat setiap tibanya jadwal keberangkatan jamaah calon haji (calhaj). Bahkan tidak jarang sering terjadi kemacetan di titik-titik tertentu. Kondisi ini tidak terlepas dari banyaknya kendaraan pengantar jamaah calhaj yang sudah menjadi tradisi tahunan.

Pantauan Rakcer, Jumat (10/8), kepadatan arus lalu lintas terjadi bersamaan dengan akan diberangkatkannya kloter terakhir dari 5 kloter dari Kabupaten Indramayu, yakni Kloter 84 yang dijadwalkan pada bertolak pada Sabtu pukul 02.45 WIB. Dengan jumlah 185 calhaj, penerbangannya bernomor SV.5627 dengan jadwal terbang pada Minggu (12/8) pagi besok.

Kepadatan kendaraan pengantar jamaah calhaj tersebut salah satunya dipicu kedatangan rombongan pada waktu bersamaan, baik dengan mengendarai mobil maupun sepeda motor. Sehingga kepadatan kendaraannya tidak bisa dihindarkan saat datang dari berbagai ruas jalan bertemu di persimpangan. Ada juga pengendara yang tidak paham jalur di Indramayu kota. “Tadi sudah lewat bunderan ini sekarang sampai sini lagi,” kata seorang pengemudi mobil bak terbuka yang mengangkut pengantar haji.

Salah satu pengantar jamaah calhaj asal Kecamatan Jatibarang, Satorih (34) menuturkan, mengantar calhaj seakan sudah menjadi tradisi setiap tahunan. Bahkan diharapkan mendapatkan keberkahan setelah mengantarkan calhaj yang akan beribadah di tanah suci memenuhi panggilan Allah SWT. “Pengennya sih saya berangkat, tapi mungkin belum waktunya. Makanya mengharapkan berkah dari mengantar calon haji ini,” tutur dia polos.

Tidak berbeda dengan pengantar haji lainnya, Sarnadi (42). Mengantar jamaah calhaj selalu dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Ia menilai ada keberkahan dari hal tersebut. “Tidak harus naik mobil, pakai sepeda motor bisa lebih santai. Yang penting bisa ngarak calon haji supaya mendapat berkahnya,” ucap dia.

Sementara itu, jamaah calhaj yang sudah diberangkatkan dari Indramayu menuju embarkasi sebelum diterbangkan dari Bandara Soekarno-Hatta ada 4 kloter. Yakni Kloter 46 sebanyak 404 calhaj yang diberangkatkan 30 Juli dengan nomor penerbangan SV.5225, Kloter 62 sebanyak 404 calhaj pada 4 Agustus dengan nomor penerbangan SV.5727.

Berikutnya Kloter 73 sebanyak 404 calhaj diberangkatkan 7 Agustus dengan nomor penerbangan SV.5325, dan Kloter 80 sebanyak 404 calhaj diberangkatkan 9 Agustus dengan nomor penerbangan SV.5523. (tar)