Nilai EPPD Pemkot Sangat Tinggi

Penilaian oleh Kemendagri Tiap Tahun Meningkat, Targetkan Masuk 10 Besar

104
Penerimaan Piagam
SANGAT TINGGI. Pj Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik (kanan) usai menerima piagam penghargaan atas‎ Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) oleh Kemendari. Pemkot Cirebon meraih nilai kategori sangat tinggi.

JAKARTA — Pemerintah Kota Cirebon menargetkan masuk 10 besar pada Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) yang penilaiannya dilakukan tiap tahun oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

Hasil EKPPD terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), Pemkot Cirebon mendapatkan status penilaian Sangat Tinggi (ST) yang pada 2016 lalu berada di posisi 26 atau naik dari posisi tahun sebelumnya yaitu posisi 27.

Adapun berdasarkan nilai, Pemkot Cirebon tahun 2016 mendapat nilai 3,2 atau naik dari tahun 2015 yang nilainya sebesar 3,1.‎ Penjabat (Pj) Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik MSi mengatakan, penilaian dari Kemendagri terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah memotivasi para pimpinan daerah agar memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat.

Dia menuturkan meski perolehan penilaian Pemda Kota Cirebon setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, akan tetapi penilaian kinerja ini agar diperhatikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cirebon.

“Masing-masing OPD di Pemda Kota Cirebon agar melengkapi dokumen yang berikaitan dengan penilaian kinerja pemda,” kata Dedi, usai menghadiri acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka peringatan hari Otonomi Daerah XXII di Jakarta, Rabu (25/4) lalu.

Ia menambahkan, meski telah mengantongi penilaian Sangat Tinggi (ST) dalam penilaian EKPPD, akan tetapi Pemkot Cirebon menargetkan bisa masuk 10 besar daerah terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat. “Posisi Pemkot Cirebon saat ini di urutan ke-26, kedepan kami harapkan bisa masuk 10 besar,” katanya. (jri)