Nina: Antisipasi Virus Corona Harus Cepat Tepat Efektif

112
AJAK. Bacabup Pdi Perjuangan Nina A Dai Bachtiar ajak masyarakat hidup dengan pola sehat dan meminta pemerintah daerah lebih efektif melayani masyarakat. FOTO: IST/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID-Wabah virus corona terus menghantui masyarakat di seluruh Indonesia dan Dunia. Di Kabupaten Indramayu diakui Bakal Calon Bupati Nina A Dai Bachtiar perlu ada kebijakan yang tepat dan khusus agar tidak ada warga yang terapar Covid 19 itu.

Sekjen IKFA itu menyebut salahsatu yang harus tampil agresif adalah pemerintah, seperti melakukan test kesehatan secara gratis dan memberikan imbauan cepat yang massif hingga ke seluruh pelosok desa.

“Selain itu, masyarakat harus dari diri sendiri menjaga tubuh, karena daya tahan tubuh yang baik itu dari cara hidup yang baik dan sehat juga. Mulai dari makan-makanan, minum-minuman sehat dan istirahat yang cukup,” kata Bendahara Gerakan Nelayan Tani Indonesia itu, Senin (16/3).

Nina menyebut di era otonomi daerah, pemkab memiliki kewenangan mengambil kebijakan strategis demi menyelamatkan masyarakatnya. Dicontohkan Nina, seperti yang dilakukan Risma di Kota Surabaya yang menolak Lockdown, namun menyiapkan alternatif dan strategi penanganan dengan sistematis.

“Jauh-jauh hari menimbun masker, kemudian tidak menggunakan lock down agar ekonomi Surabaya tidak ambruk, kemudian menggratiskan test kesehatan bagi seluruh warga yang sakit agar diketahui sedari awal yang diderita warganya,” kata Nina.

Nina mengaku sangat greget melihat pemerintah kabupaten Indramayu yang malah melarang warganya untuk ke Cirebon. Hal itu menurut Nina bukan solusi. Karena sama saja seperti ingin membunuh tikus akan tetapi membakar gudang padinya.

“Ini soal kompetensi kepemimpinan daerah yang seharusnya mendahulukan kepentingan rakyat diatas segalanya. Ditunjang dengan kecepatan serta ketepatan dalam mengambil keputusan,” ujarnya.

Virus Corona memang sangat membahayakan, karena di Indonesia sudah 134 orang pasien positif. Namun jangan sampai pemkab tidak sayang kepada masyarakat yang mencari nafkah harian yang sangat massif jumlahnya di Indramayu. (vic)