Nyalon Kuwu, Usman Bekerja dengan Otak dan Hati

8
CILEDUG – Menduduki jabatan kuwu tampaknya masih menggiurkan bagi sebagian orang. Jabatan bergengsi di tingkat desa itu kini tengah diperebutkan dalam pemilihan kuwu (pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon yang akan digelar pada 25 Oktober 2015 mendatang.

calon kuwu cirebon
Usman. Foto : Irwan/Rakyat Cirebon

Demkian halnya dengan Usman (42), warga Blok Pon RT 03/02  Desa Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Ia tampil mencalonkan diri dalam pemilihan kuwu di Desa Damarguna dan sudah ditetapkan sebagai calon kuwu bernomor urut tiga dari total tiga calon kuwu.

Usman mengatakan, pencalonannya tersebut disamping keinginan pribadi juga atas dukungan masyarakat sekitar yang menginginkan adanya perubahan.“Saya ingin mewujudkan perubahan yang mengedepankan transparansi untuk tercapainya pelayanan prima menuju Damarguna yang lebih baik dan maju,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Bermodalkan semangat dan pengalaman selama menjabat Kaur Ekbang Desa Damarguna sejak 2011 hingga sekarang, dirinya tahu betul program mana saja yang akan menjadi prioritas pembangunan di desanya.

“Selain meningkatkan pelayanan di berbagai sektor, saya juga akan melaksanakan peningkatan potensi generasi muda di bidang seni dan olahraga serta meningkatkan mental spiritual melalui kegiatan keagamaan,” ujar pria satu anak ini.

Ia menambahkan, program lainnya yang harus segera dilaksanakan adalah pembangunan dan perbaikan infrastruktur. “Mayoritas masyarakat Damarguna adalah petani dan buruh lepas. Makanya saya ingin agar pembangunan jalan dan irigasi pengairan sawah lebih diprioroitaskan,” tegasnya.

Ia optimis visi, misi dan program kerjanya akan diterima masyarakat. Begitupun Usman tidak menampik adanya rasa pesimis sebagian masyarakat akan kemampuan dirinya dalam menjalani tugas kuwu. Baginya pendapat tersebut  hal yang wajar. “Dalam setiap silahturami dengan masyarakat, saya selalu mengatakan bahwa saya akan melaksanakan tugas berdasarkan otak dan hati,” kata pria yang lahir dan besar di Damarguna ini.

Ia menjelaskan, yang dimaksud otak adalah pemikiran yang cerdas, kreatif dan  inovatif. Sementara hati tidak lepas dari nurani yang bersih sehingga setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan selalu iklas dan amanah.

Dari total jumlah warga di Desa Damarguna, yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 4.628 orang. Didukung keluarga dan simpatisannya, ia menargetkan raihan suara minimal 50 persen “Penduduk Damarguna saat ini sekitar 6 ribu jiwa. Jumlah ini .merupakan jumlah penduduk kedua terpadat di Kecamatan Ciledug setelah Desa Jatiseeng Kidul,” katanya.

Pihaknya berharap, pelaksanaan pemilihan kuwu di Desa Daramguna dapat berjalan sukses tanpa ekses. Yang lebih penting lagi, harpanya, di hari pencoblosan suara semoga masyarakat Damarguna akan menjadi pemilih yang cerdas supaya bisa menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas.

“Ada dua pilihan pokok dalam hidup ini, yaitu menerima apa adanya atau menerima tanggung jawab untuk mengubahnya, karena orang yang paling tidak bahagia adalah orang yang takut pada perubahan,” pungkasnya. (irw/opl)

BAGIKAN