Ordo Freemason, Pengaruh Jacobus Cornelis Mattheus Radermacher hingga Cirebon

Ordo Freemason, Pengaruh Jacobus Cornelis Mattheus Radermacher hingga Cirebon

Kemudian, Jacobus Cornelis Mattheus Radermacher oleh Vlissingen ditunjuk sebagai sekretaris agung untuk Ordo Freemason . Dia mendaftar sebagai mahasiswa hukum di Universitas Harderwijk , di mana dia juga memperoleh gelar doktor. Dia menetap sebagai pengacara di Arnhem pada 13 Juni 1766, dan berangkat ke Jawa tanggal 6 Januari 1767 di atas kapal “Tulpenburg” menjabat sebagai Dewan Kehakiman. Delapan bulan kemudian, 21 Agustus di tahun yang sama ia turun di Batavia.

Bersama Josua van Iperen, Adriaan Moens dan yang lainnya, ia mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada 24 April 1778 . Dia bertanggung jawab atas pembangunan Lands Botanic GardenHortus Botanicus di Bogor. Dia menyumbangkan banyak buku, alat musik, seni dan barang antik. Tahun 1779, ia menyumbangkan rumahnya di Kali Baru, Jakarta. Jacobus Cornelis Mattheus Radermacher dikenal sebagai ahli botani atau dikenal dengan Raderm, yang menggambarkan flora dan fauna Jawa-Sumatra pada sejumlah ekspedisi antara tahun 1777 dan 1779. Ia aktif menulis surat dengan Carl Peter Thunberg tentang hal ini . Genera Radermachera dan Radermachia dinamai menurut namanya.

Tahun 1783, ia ingin kembali ke Eropa karena alasan kesehatan dan menjadi wakil laksamana armada dari Batavia ke Belanda. Selama perjalanan ada pemberontakan di mana ia dan istrinya dibunuh pada 24 Desember 1783. (wb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!