Pakai Bahasa Inggris,  Hari Pencoblosan Tertulis “Wednesday, June 27”

700
FORM C6-KWK.
FORM C6-KWK. Seorang warga di Karyamulya menunjukkan form model C6-KWK atau surat pemberitahuan pemungutan suara, kemarin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon telah mencetak ulang form model C6-KWK atau Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara Kepada Pemilih. Upaya itu dilakukan untuk mengganti form C6-KWK yang sudah tersebar namun salah cetak, di dua kelurahan berbeda.

KETUA KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak mengakui, terjadi salah cetak pada penulisan hari di form model C6-KWK. Seharusnya tertulis Rabu, 27 Juni 2018, tapi di form tersebut tertulis Wednesday, June 27, 2018.

“Salah cetak karena dimungkinkan sistem komputerisasi yang otomatis tercetak dalam bahasa Inggris. Baru kali ini form tersebut dicetak seluruhnya menggunakan sistem komputerisasi, sebelum-sebelumnya manual,” ungkap Emir, kemarin.

Ia menambahkan, salah cetak itu terjadi pada pemilih di TPS 1-46 Kelurahan Karyamulya dan TPS 7-42 Kelurahan Pegambiran. Sesaat setelah mendapati laporan tersebut, diakui Emir, pihaknya langsung meminta kepada KPPS untuk menambahkan tulisan hari Rabu secara manual menggunakan tulis tangan.