Pangeran Patih Raja Muhammad Qadiran: Keraton Kanoman Representasi Puncak Kebudayaan

Pangeran Patih Raja Muhammad Qadiran: Keraton Kanoman Representasi Puncak Kebudayaan

RAKYATCIREBON.ID-Keraton Kanoman tidak bisa diabaikan dan menjadi bagian sangat penting dalam proses kehidupan bernegara dalam konfigurasi pemerintahan hingga titik level pemerintahan di Cirebon. Demikian pernyataan Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran kepada rakyatcirebon.id, Rabu (23/9).

“Dalam hal ini, posisi dan peran keraton Kanoman Cirebon melalui semiotika situs Witana, bagaimana pun merupakan representasi dari rangkaian puncak kebudayaan serta pusat peradaban yang telah mengilhami eksistensi masyarakat se-Wilayah Cirebon, untuk berdaulat sekaligus bermartabat, dan menumbuhkan solidaritas kemanusiaan sekaligus mengembangkan semangat kebersamaan,” ungkapnya,

Lebih lanjut, imbuh Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran justru karena pemerintahan ini, terbentuk dari dalam komunitas-komunitas masyarakat yang semula dikukuhkan akar tradisi, nalar kultural, dan latar sejarah yang diakui atau tidak, berlangsung di sana. Dari sanalah, sejarah dengan berbagai liku perjalanannya bermula. Dari sana jugalah, semestinya para elite pemerintahan bercermin dan menegaskan diri.

“Bahkan jauh sebelumnya, di bawah bimbingan dan naungan kepemimpinan almarhum almaghfurlah Syekh Sunan Gunungjati, masyarakat maupun leluhur kita telah mengukuhkan adanya kesadaran untuk memasuki fajar kehidupan yang lebih baik.

Kebudayaan dan peradaban yang dilukiskan dengan simbol Paksi-Naga-Liman misalnya, diam-diam menjadi dasar untuk meletakkan gagasan masyarakat yang terbuka dalam proses akulturasi kehidupan yang datang kemudian,” pungkasnya. (wb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!