Panitia Desa Pegagan Gugurkan Empat Balon

5
PALIMANAN – Dari sembilan bakal calon (balon) hanya lima yang ditetapkan dan masuk mengikuti tahapan pemilihan kuwu (pilwu) selanjutnya. Untuk memenuhi kuota tersebut, panitia Desa Pegagan menggugurkan empat bakal calon.

panitia desa pegagan cirebon
Panitia Pilwu Desa Pegagan. Foto : Casmudi/Rakyat Cirebon

Sesuai yang tercantum dalam perbub 96/2015 dan perubahanya nomor 109/2015 serta perubahan kedua nomor 113/2015, ditentukan hanya lima calon kuwu (calwu) yang berhak dipilih, oleh karena itu bagi desa yang memiliki lebih dari lima balon kuwu harus melewati tahapan seleksi akademik sebelum ditetapkan.

Ketua Panitia Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan, Asikin mengungkapkan sesuai dengan peraturan mengenai pilwu dan tahapan yang sudah ditetapkan, seluruh balon kuwu Desa Pegagan sudah melaksanakan tes akademik beberapa waktu yang lalu. Hasilnya pada Selasa (6/10) telah diketahui hanya berjumblah lima orang.

“Hari Selasa (6/10) ditetapkan balon kuwu menjadi calon kuwu sesuai dengan hasil tes akademik yang dilaksanakan kemarin,” Ujar Asikin, kepada Rakyat Cirebon usai acara penetapan balon kuwu menjadi calon kuwu, kemarin (6/10).

Menurut Asikin, hasil tes akademik sepenuhnya murni hasi dari kemampuan masing-masing balon kuwu dalam menjawab soal-soal yang disajikan tim seleksi dari pihak universitas yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, yang dalam hal ini adalah Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dari sembilan balon kuwu yang mengikuti tes akademik tersebut, berdasarkan rangking teratas dan rangking terbawah yang kemudian hanya diambil lima besar untuk ditetapkan dari balon menjadi calon kuwu dan selebihnya yang empat orang dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti tahapan pilwu selanjutnya.

“Tidak ada intervensi soal tes akademik dari panitia, panitia hanya mengawal dan mengantarkan balon ke tempat tes. Dan hasilnya hari ini (6/10) secara resmi diumumkan kepada seluruh balon,” katanya.

Dikatakan Asikin, bahwa dari lima balon yang lolos pada tahapan pilwu berikutnya yakni, H Makhrudin, Uun Machsunah, Alfan Mashadi, Kemas Abdul Malik dan Sigit Sugiarto, kemudian nama-nama yang tidak lolos atau gugur adalah  Moch Hanafi, Sachroni, Rona serta Andrian Utomo, dimana seluruhnya berurutan berdasarkan hasil rangking dari tes akademik.

Diaharapkan Asikin, sesuai dengan kondisi saat pengumuman hasil tes akademik dan penetapan lima balon kuwu menjadi calon kuwu kemarin yang konusif dan berjalan dengan tenang, juga berlaku untuk tahapan pilwu selanjutnya agar tidak ada ekses.

“Saya berharap tahapan pilwu seterusnya bisa selalu kondusif seperti saat penetapan kali ini. Dan bagi balon yang tidak lolos agar tetap legowo karena biar bagaimanapun itu adalah hasil dari kerjakeras para balon sendiri dan panitia hanya menyampaikan hasilnya saja,” pungkasnya. (caz/mgg)

BAGIKAN