Panlih Wabup Segera Dibentuk

Panlih Wabup Segera Dibentuk

RAKYATCIREBON.ID –  Panitia pemilihan (Panlih) Wakil Bupati (Wabup) akan dibentuk. Rencananya, dibentuk Rabu sore (23/9). Agendanya diputuskan secara resmi, melalui Rapat Paripurna.

Dengan demikian, teka teki pengisian wakil bupati mengalami titik terang. Ada progres yang jelas. Tidak sebatas melempar isu, siapa yang mendapat rekomendasi DPP.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana SE mengatakan, jIka tak ada aral melintang Panlih pemilihan Wabup segera dibentuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan DPRD melalui badan musyawarah (Bamus), yakni Rabu (23/9).

“Setelah Panlih dibentuk dan ditetapkan melalui rapat paripurna. Masing-masing fraksi akan mengusulkan nama – nama anggotanya untuk masuk di Panlih,” kata H Rudiana SE, Selasa (22/9).

Lebih lanjut, Rudiana menjelaskan, proses selanjutnya adalah panitia menyusun jadwal mulai dari pendaftaran, verifikasi, sampai penentuan waktu pemilihan Wabup di ruang paripurna. “Untuk teknis lebih jelas setelah Panlih itu dibentuk,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku, sampai saat ini belum ada surat yang masuk dari DPC PDIP ke pimpinan melalui Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon terkait nama cawabup.

“Mungkin, diusulkannya nanti setelah Panlih terbentuk. Berikut jadwal pendaftaran-nya,” kata Rudiana.

Senada disampaikan, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Cirebon, Aan Setiawan SSi.

Ia menyampaikan, sesuai jadwal di DPRD, Panlih wabup akan dibentuk besok. Panlih sendiri rencananya diisi oleh 15 orang yang terdiri dari semua fraksi. “Semua fraksi masuk. Hanya perwakilannya saja,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk usulan dua nama cawabup ke DPRD sejauh ini belum ada informasi kapan akan di layangkan oleh partai pengusung (PDI Perjuangan). “Mungkin besok bersamaan dengan dibentuknya Panlih,” kata dia.

Aan menilai, ada proses yang harus dilalui. Sampai akhirnya baru bisa diagendakan pembentukan Panlih. Semua, melalui mekanisme partai. Termasuk, belum dibukanya rekomendasi DPP untuk siapa.

Disamping itu kata Aan, adanya rentang waktu pengisian Wabup ini, sampai akhirnya diagendakan pembentukan Panlih, termasuk masih dalam batas kewajaran. “Ini wajar saja. Dan tidak termasuk lama,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!