Pansus I Bahas Dana Cadangan Pilbup

4
Pelaksanaan Bersamaan dengan Pilgub, Temui Keuangan Pemprov Jabar

SUMBER– Panitia khusus (pansus) I DPRD Kabupaten Cirebon akan melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Jawa Barat untuk memastikan terkait pendanaan pemilihan kepala daerah. Demikian dikatakan Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Cirebon Bejo Kasiyono kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

bejo kasiyono cirebon
Bejo Kasiyono. Foto : Yoga Yudisthira/Rakyat Cirebon

Menurut Bejo, kunjungan kerja yang dikhususkan kepada Bagian Keuangan Pemprov Jawa Barat itu guna mempertanyakan besaran anggaran yang akan diberikan kepada pemerintah Kabupaten Cirebon. “Pilkada Kabupaten Cirebon akan berbarengan dengan pelaksanaan pemilihan gubernur sehingga hal itu akan berpengaruh dengan anggaran di daerah,” katanya.

Ditegaskan Bejo, pihaknya memerlukan landasan dalam menentukan besaran anggaran yang akan disimpan dalam kas daerah untuk mempersiapkan pelaksanaan pilkada 2018 mendatang.  “Kenapa kita kesana karena pada tahun 2018 pilkada di Cirebon berbarengan pemilihan gubernur sehingga kita akan tanyakan dulu apakah ada dana bantuan kepada kita. Itu yang saya maksud landasan,” tambahnya.

Selama ini, kata Bejo, pihaknya belum berani mengambil kesimpulan besaran biaya pilkada secara keseluruhan. Selain berbarengan dengan pilgub, Bejo juga mengatakan usulan dari Komisi Pemilihahn Umum (KPU) Kabupaten Cirebon belum final.

Menurutnya, masih ada waktu untuk melakukan pembahasan karena anggaran tahun 2016 masih dalam penyusunan.“Soal berapanya, kita belum bisa pastikan karena raperda ini adalah untuk mengatur besaran biaya simpanan tiap tahunnya. Kalau dibebankan ke anggaran tahun 2018 pastilah terlalu besar,” tegasnya.

Disinggung mengenai kesiapan anggaran pemkab dan usulan bupati sekitar Rp25 miliar, Bejo mengatakan, akan melihat dulu neraca keuangan pemkab.  “Tapi, meskipun tidak bisa memenuhi, pemkab harus bisa menyediakan dana cadangan ini,” katanya. (yog)

BAGIKAN