Panwaslu Ajak Kaum Perempuan Ikut Awasi Pilgub

94
Awasi
AWASI. Ketua Panwaslu Indramayu Nurhadi ajak kaum perempuan berpartisipasi mengawasi Pilgub Jabar 2018.

INDRAMAYU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Indramayu mengajak kaum perempuan untuk ikut andil mengawasi proses dan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun 2018. Pengawasannya tidak hanya pada hal yang bersifat terlihat langsung, juga terhadap perkembangan informasi di media sosial.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi SPd usai sosialisasi pengawas pemilihan partisipatif bagi kaum perempuan, Kamis (26/4) di aula salah satu hotel di Indramayu kota. Meski pengawasan oleh pihaknya disertai penindakan, namun sebaiknya dilakukan upaya pencegahan terhadap potensi pelanggarannya. Seperti keterlibatan aparatur sipil negara (ASN), money politic, penggunaan tempat ibadah untuk kampanye, dan lainnya.

“Kampanye di tempat ibadah sangat berpotensi terjadi, karena masa kampanye masih berlangsung sampai bulan Ramadan nanti. Dan kami sudah mengimbau para tokoh ulama, tokoh agama agar memasang tulisan terima kasih untuk tidak menggunakan tempat ibadah dalam kampanye,” paparnya.

Disampaikan, kerawanan pelanggaran juga sangat rentan pada penggunaan media sosial. Dan sampai saat ini pihaknya masih intens mengamati perkembangan di medos, salah satunya pada grup atau komunitas di facebook. Karena celah yang terbuka dapat dipastikan dengan menggunakan medsos untuk menyebarkan berbagai hal kaitan pasangan calonnya.