Panwaslu Kecewa Sosialisasi Akbar KPUD Sepi

7
Dianggap Buang Anggaran, Tak Tepat Sasaran

INDRAMAYU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Indramayu, mengaku kecewa terhadap sosialisasi akbar yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Sabtu (12/9). Pasalnya, kegiatan yang dipusatkan di kawasan Sport Center (SC) itu terpantau sepi pengunjung.

sosialisasi pilkada
Sosialisasi pilkada Indramayu. Foto : Tardiarto Azza/Rakyat Cirebon

Hal itu diungkapkan Ketua Panwaslu Kabupaten Indramayu, Supandi SPdI didampingi anggotanya, Abdulah Irlan SH. Dikatakan, sosialisasi akbar yang diselenggarakan KPUD tersebut dinilai tidak efektif.

Karena tingkat kehadiran masyarakat umum yang menjadi sasaran sosialisasi tidak terlihat di lokasi kegiatan. Sehingga sosialisasi akbar harus dievaluasi dan tidak hanya dijadikan acara seremonial. “Kalau evennya sosialisasi, tentunya harus tepat sasaran supaya bisa mengena dan tidak membuang anggaran percuma,” kata dia kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Untuk itu, Panwaslu kembali mengingatkan KPUD agar mengevaluasi pelaksanaan kegiatannya. Ditambah lagi, di lokasi acara tidak tampak nuansa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu. Karena media sosialisasi yang memuat gambar para pasangan calonnya tidak ada, baik dalam bentuk baliho, spanduk, atau umbul-umbul. “Yang disosialisasikan kan bahwa di Indramayu akan dilaksanakan pemilihan bupati dan wakilnya, kemudian siapa saja calonnya. Nuansa seperti itu tampak di lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, M Hadi Ramdlan SAg menyampaikan, sosialisasi akbar yang diselenggarakan dilangsungkan di 6 lokasi berbeda dengan waktu tidak bersamaan. Untuk kegiatan perdananya memilih kawasan SC dan dilanjutkan ke 5 lokasi lainnya dalam setiap pekannya.
Adapun tujuan dari kegiatan itu, pihaknya berupaya menyosialisasikan Pilkada Indramayu yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam menentukan pemimpin daerah periode 2015-2020. Disamping itu, pihaknya akan mengerahkan seluruh kekuatan PPK dan PPS untuk melanjutkan sosialisasi kepada masyarakat yang tersebar di 31 kecamatan dengan jumlah desa/kelurahan 317. “Kami berkomitmen untuk menyosialisasikan Pemilu Kada Indramayu 9 Desember 2015. Kami akan mendorong dan berupaya mendongkrak tingkat partisipasi pemilih,” tegasnya.

Untuk menyemarakkan suasana sosialisasi akbar itu, KPUD menghadirkan panggung hiburan agar menyedot banyak pengunjung. Bahkan, sejumlah hadiah doorprize disediakan sangat beragam dengan membagikan kupon undian bagi setiap pengunjungnya. Tapi sayangnya, upaya itu sepertinya tetap tidak bisa mengundang animo masyarakat untuk berduyun-duyun datang ke lokasi.  (tar)

BAGIKAN