Parameter: Azis-Eti Menang Dominan

Parameter: Azis-Eti Menang Dominan

Untuk tingkat kesukaan masyarakat terhadap Azis-Eti sebesar 63,3 persen, sedangkan pasangan Oke sebesar 36,7 persen. Sedangkan tingkat keterpilihan Azis-Eti di Pilwalkot Cirebon sebesar 65,7 persen, unggul jauh dari pasangan Oke dengan tingkat keterpilihan 34,3 persen.

“Dengan margin of error 3,5 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. Kita libatkan 557 responden dengan metode sample random sampling,” katanya.

Menurut Ari, di sisa waktu yang ada, sulit bagi kompetitor Pasti untuk mengejar ketertinggalan. Kalaupun hasil akhirnya terjadi perbedaan dengan hasil survey pihaknya, tidak akan terlalu jauh berbeda. “Dari sisa waktu ini sulit terjadi perubahan signifikan. Karena ibarat lahan sudah ditanami,” ucapnya.

Ari menegaskan, survei itu dilakukan pihaknya bukan karena titipan, melainkan Parameter selalu melakukan survei di setiap pilkada di beberapa daerah sejak tahun 2000, termasuk pada momen pemilu maupun pilpres.

“Saat Pilkada Kota Cirebon 2013, kita survei dan hasilnya memenangkan pasangan Ano-Azis. Alhamdulillah hasil pilkada juga yang menang Ano-Azis. Prosentasenya juga tidak jauh berbeda dengan hasil survei kita,” katanya.

Sementara itu, akademisi Unswagati sekaligus mantan aktivis mahasiswa, Editya Nurdiana ME menilai, perbedaan pilihan dalam Pilwalkot Cirebon pastilah ada. Hanya saja, perbedaan itu memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun kota. “Tidak ada yang terbelah, selain pilihan. Tapi saya yakin semuanya memiliki semangat yang sama untuk membangun kota ini kedepan lebih baik lagi,” kata dia.

Aaktivis perempuan Cirebon, Efa Sutarjo SH menyebutkan, Pilwalkot Cirebon kali ini istimewa, lantaran satu kontestan berasal dari kaum perempuan, yaitu Dra Hj Eti Herawati, calon wakil walikota pendamping petahana, Drs Nashrudin Azis SH. “Pilwalkot Cirebon kali ini spesial. Karena baru kali ini ada calon dari perempuan. Tentu ini menjadi harapan baru bagi kaum perempuan,” katanya. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!