“Pasti” Komitmen Wujudkan Kota Bebas Rutilahu

340
BLUSUKAN
BLUSUKAN. Calon Walikota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH saat blusukan dan menyapa warga di kawasan Kejaksan.

CIREBON – Persoalan rumah tidak layak huni (rutilahu) menjadi salah satu fokus pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut dua, Drs Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati (Pasti) untuk dientaskan. Bahkan, duet Pasti menargetkan Kota Cirebon bebas rutilahu.

Azis sendiri ketika menjabat walikota pada 2015-2018, sudah menggulirkan program penanganan atau rehabilitasi rutilahu. Tercatat sudah 873 rutilahu yang direhab sepanjang 2015-2017. Komitmen itu akan coba dilanjutkan Azis jika ia diberi amanah untuk kembali memimpin Kota Cirebon.

“Penanganan terhadap rutilahu sejauh ini sudah dilakukan secara berkesinambungan. Kalaupun masih ada, ini menjadi fokus kita untuk ditangani, sampai kita berharap Kota Cirebon bebas rutilahu,” ungkap Azis.

Menurut Azis, penanganan rutilahu kedepan tidak hanya pada fisik bangunan rumah. Melainkan perlu dibarengi dengan upaya untuk menumbuhkan sisi perekonomian pemilik rumah. “Kita akan coba untuk mendorong itu. Penguatan melalui program UMKM bisa digulirkan,” ujarnya.