PDI Perjuangan, Ikut Cegah Virus Corona

66
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Sophi Zulfia SH MH mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan biasakan hidup sehat untuk menghindari penyebaran virus corona. (Foto : Zezen Zaenudin Ali/Rakyat Cirebon)

RAKYATCIREBON.ID-PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon ikut serta mencegah penyebaran virus corona. Di kantor DPC, telah disediakan hand senitizer, siapapun yang berkunjung diharuskan membersihkan tangannya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Sophi Zulfia SH MH menjelaskan pemberlakuan ini, mulai hari ini, Senin (16/3). Sebagaimana arahan pemerintah daerah (Pemda). Berbagai elemen ikut serta mengkampanyekannya.

Perempuan mantan anggota legislatif 2014-2019 itu mengingatkan agar, masyarakat Kabupaten Cirebon tidak perlu panik. Meskipun data penyebarannya, sudah masuk wilayah Kabupaten Cirebon, namun dengan mengikuti arahan pemerintah, bisa menghindari virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

“Ikuti intruksi pemerintah. Tidak perlu cemas. Jangan panik. Ketika diri kita panik menyebabkan stres, ketika stres maka daya imun kita menjadi rendah,” tuturnya, ke Rakyat Cirebon, Senin (16/3).

Solusinya, dengan cara hidup sehat. Upaya itu, dapat dimulai dari diri kita sendiri, kemudian dalam lingkup keluarga dianjurkan agar menerapkan pola hidup sehat dan pola hidup baru.” Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan kalau bisa disiplin cuci tangan, pakai hand sanitizer,” tuturnya.

Kemudian, untuk sementara waktu hindari perkumpulan dengan orang banyak. Sifatnya sementara, hanya setengah bulan atau satu bulan kedepan. Tujuannya, menghindari dampak negative. Disamping itu, sebagai batasan standarisasi dari WHO untuk membendung penyebaran Covid-19.

” Ketika bertemu dengan orang bisa saling memberi hormat tanpa berjabat tangan terlebih dulu,” tuturnya.

Kemudian dengan dinyatakannya virus corona sebagai Pandemi, seluruh sekolah di Kabupaten Cirebon telah diliburkan. Disamping itu, pihaknya berharap Pemda mengadakan tes corona gratis untuk masyarakat. “Pemda harusnya memberikan fasilitas kepada masyarakat, agar ada layanan gratis untuk mengecek virus corona,” harapnya. Selain itu, Sophi juga mengingatkan manakala mulai muncul gejala kesehatan, segerakan untuk diperiksakan. “Ketika badan terasa tidak enak segera untuk memeriksa kesehatan anda ke dokter,” kata Sophi..

Pantauan Rakyat Cirebon, di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon sudah terpasang imbauan dalam bentuk benner. Dipasang dipintu masuk. Bunyinya antisipasi penyebaran virus corona. Dengan prilaku hidup sehat. Selain itu, juga disepanjang ruangan ditemukan adanya tulisan pengingat, bunyinya “mohon maaf dengan penuh rasa hormat, untuk tidak berjabat tangan dulu”. (zen)

BAGIKAN