Pedagang Jangan Curangi Pembeli

26
KEJAKSAN – Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon melalui Bidang Kemetrologian bakal menggelar sidak tera ulang di sejumlah pasar pada awal Juni 2017 atau pekan kedua Ramadan.
dpkukm kota cirebon tera ulang ke pedagang
Pedagang bawang putih. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Hal itu dilakukan untuk memastikan akurasi peralatan timbang dan ukur yang digunakan bagi keperluan masyarakat sesuai dengan ketentuan. Selain itu, sidak  tera ulang juga bertujuan untuk meminimalisir kecurangan timbangan saat Ramadan.
Kabid Kemetrologian, NR Terin Meterina  mengaku, tengah bersiap jemput bola untuk melakukan tera ulang di sejumlah tempat. “Kami akan laksanakan pada Juni,” ungkap Terin kepada Rakyat Cirebon, Kamis (1/6).
Sedianya, kata dia, tera ulang dilakukan sebelum Ramadan. Hanya saja, ada berbagai hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Sehingga, sidak tera ulang terpaksa diundur ke Juni.
Beberapa pekan sebelumnya, Terin mengungkapkan selain  SPBU, pihaknya juga akan melaksanakan tera ulang pada jembatan timbang, timbangan-timbangan di pasar, mall dan swalayan sampai dengan timbangan balita di posyandu.
Selain melakukan sidak ke sejumlah pasar, layanan tera ulang dari Bidang Kemetrologian juga akan bekerjasama dengan  pejabat kelurahan untuk melakukan pendataan sejumlah potensi tera ulang di tiap kelurahan di Kota Cirebon. 
Diakui Terin, saat ini  bidang yang dikepalainnya masih dalam tahap pembenahan. Jika sudah, Bidang Kemetrologian akan menambah jumlah tenaga penera. 
“Bagi masyarakat yang ingin melakukan tera ulang sendiri, Bidang Kemetrologian juga membuka layanan  tera ulang di UPT Metrologi di jalan Wahidin,” tutupnya. (wan)
BAGIKAN