Pedagang Mulai Kebanjiran Pembeli

Pedagang Mulai Kebanjiran Pembeli

Petani Timun Suri yang setiap tahunnya menggarap lahan seluas 1 bau untuk ditanami timun suri yaitu buah yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa dengan diberi syrup dan es.

Buah berdaging empuk ini menurut Emen biasanya ditanam dua bulan sebelum Ramadan tiba, dan akan memberi keuntungan berlipat saat masa panen berakhir.

“Saya mulai menggarap lahan untuk ditanami timun sengaja dua bulan sebelum puasa, dengan perkiraan awal puasa sudah panen. Timun ini dipanen setiap hari dengan jumlah yang cukup banyak diawal panen,” paparnya.

Masih dikatakannya, tepat awal Ramadan, ia bersiap memanen timun suri pertamanya dengan perolehan panen sebanyak 1 hingga 2 ton. Awal Ramadan harga timun suri masih tinggi, yakni mencapai 3 ribu rupiah  per kilogram.

“Namun, saat ini harga sedang turun hanya dikisaran 1.500 rupiah saja, sedangkan kemarin harga masih 3 ribu rupiah per kilogramnya,” katanya.

Warga Desa Batujaya RT 7 R 02 blok Karyalaksana Kecamatan Cigasong ini menambahkan, selama ini melakukan sewa bengkok pada pemerintah Desa Batujaya untuk penanaman timun suri sejak tahun 2010. Ia mengaku tetap konsen diusaha timun suri ini karena ia merasa bisa meraup keuntungan hingga Rp15 juta rupiah setiap usai panen.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!