Pelaku UMKM Kesulitan Berkembang

Akses Terbatas, Beruntung Masih Bisa Jualan di Car Free Day

129
UMKM
BERJUALAN. Salah seorang pedagang sedang berjualan di CFD Bima Kota Cirebon, Minggu (22/4). Pengunjung CFD selain berolah raga juga bisa menikmati kebersamaan bersama keluarga  sembari berbelanja produk-produk yang diual para pelaku UMKM.

CIREBON – Car free day (CFD) yang diadakan setiap Minggu pagi di dua titik di Kota Cirebon disambut baik pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).  Bagi mereka, CFD merupakan momen yang bagus untuk menjual produk.

Salah satunyanya, Vera Tristiyanti. Pemilik brand Kiriku dan Bandeng Instan Tris ini sudah lebih dari 2 tahun berjualan di CFD. Menurut dia, CFD  mewadahi pengusaha lokal  seperti dirinya dalam mengembangkan bisnis.

“Keberadaan CFD ini sangat penting bagi kami. Karena disinilah, salah satunya kami bisa menjual dan mengenalkan produk kami. Para pengunjung pun senang. Karena bisa memilih aneka jajanan maupun apa saja yang ada di sini dengan harga yang murah,” ungkap Vera kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Selain sebagai tempat jual produk, kata dia, di CFD juga sebagai barometer kepedulian pemerintah pada pelaku UMKM. Pasalnya, salah satu kendala sulit berkembangnya UMKM ialah keterbatasan akses pasar. Kebanyakan pelaku UMKM tidak punya kios untuk display produknya. CFD hadir sebagai solusi, bagi pelaku UMKM  untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Menurutnya, sebagian besar pelaku UMKM mengaku mendapatkan omzet lumayan besar dari CFD.  Vera sendiri mengaku selalu bisa menjual lebih dari 10 kaos. Ditambah dengan produk dari usaha baru yang dirintiasnya, omzet berjualan di CFD pun makin naik.

1
2
BAGIKAN