Pemerintah Siapkan Feeder Bus dari Terminal Harjamukti

189
Simbolis
SIMBOLIS. Dirjen Hubdat Kemenhub Irjen Pol Budi Setiyadi akui bakal menyulap terminal Hajramukti menjadi fasilitas pendukung untuk memudahkan pelayanan menuju BIJB.

SUMBER – Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastuktur pendukung, seperti terminal dan jalan tol demi menyambut beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berada di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Di Cirebon, pemerintah pusat bakal menyulap terminal Hajramukti yang ada di Kota Cirebon menjadi fasilitas pendukung untuk memudahkan pelayanan menuju BIJB. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan untuk merehabilitasi terminal bertipe A sebesar Rp2 miliar.

“Kita sudah siapkan anggarannya sekitar Rp2 miliar. Terminal Harjamukti merupakat pilot project pertama kami yang menggunakan model kerjasama pemanfaatan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol Budi Setiyadi di kantor Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (28/4).

Budi mengaku PT Adhi Karya merupakan salah satu perusahaan yang sudah melirik pilot project tersebut. Rencananya, sebagian lahan di terminal Harjamukti akan dijadikan sebagai tempat usaha, seperti hotel maupun mall.

“Adhi Karya sedang membuar feasibilty study untuk proyek tersebut. Kita buat seperti itu agar orang-orang bisa nongkrong di situ tanpa mengindahkan fungsi terminal sendiri,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya akan menyediakan feeder bus untuk mengangkut penumpang di wilayah Cirebon dan sekitarnya menuju BIJB. “Akan kita siapkan feeder bus untuk mengangkut penumpang yang ingin ke BIJB. Dalam waktu dekat ini akan kita siapkan,” pungkasnya. (yog)