Pemkot Cirebon dan Keraton Kanoman Ingin Sinergis

14
Berdoa di Witana, Walikota Hadiri Pembacaan Babad Cirebon

LEMAHWUNGKUK– Keraton Kanoman menggelar acara pembacaan Babad Cirebon, yakni pembacaan asal muasal berdirinya Cirebon.  Acara yang dihelat di Keraton Kanoman, Kamis (15/10) malam itu, dihadiri Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis SH serta unsur muspida.

babad cirebon
Pembacaan babad Cirebon. Foto: Sudirman/Rakyat Cirebon

Dalam sambutan, Walikota Drs Nasrudin Azis SH mengatakan, pembacaan Babad Cirebon yang bertepatan dengan awal tahun baru Islam adalah acara yang sangat sarat makna dan terbilang sangat sakral sehingga harus dilestarikan.  “Acara sekral ini jangan sampai hilang, mari kita lestarikan bersama-sama. Tentunya ini agar kita tidak lupa siapa jati diri kita,” ujar orang nomor satu di Kota Cirebon itu.

Namun, Azis sangat menyesalkan belum adanya sinergitas antara Pemkot Cirebon dengan panitia acara karena acara tersebut bukan merupakan satu rangkaian dari hari jadi yang digelar Pemkot Cirebon.  “Terlihat tidak nyambung apa yang dikerjakan oleh Pemkot Cirebon yang memperingati hari jadinya. Acara ini berjalan sendiri tidak menggandeng Pemkot Cirebon,” ucapnya kepada Rakyat Cirebon.

Azis berharap, untuk kedepannya terjadi sinergitas antar unsur tersebut.  “Agenda yang dilakukan oleh keraton bisa dimasukan dalam rangkian acara peringatan hari jadi Kota Cirebon yang dilakukan oleh Pemkot Cirebon,” harapnya. Politisi Partai Demokrat mengatakan, apa yang dilakukan Pemkot Cirebon berawal dari apa yang dilakukan oleh kesultanan.

Azis bertekad akan berusaha untuk terus melestarikan budaya Cirebon yang telah dijaga oleh kesultanan.  “Melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon kita akan melanjutkan hubungan yang harmonis untuk terus melakukan pelestarian budaya dan pembinaan-pembinaan yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Pangeran Patih Keraton Kanonaman Pangeran Raja Mohammad Qodiran menyatakan, pesan yang disampiakan dalam acara pembacaan Babad Cirebon adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat Kota Cirebon tentang usia dan kisah berdirinya Kota Cirebon yang sekarang sudah mencapai 646 tahun.

Patih Qodiran merasa bangga atas kehadiran Walikota Cirebon dalam rangkaian acara tersebut.
“Alhamdulillah rangkaian acara babad Cirebon ini dihadiri oleh Pak Wali. Dan Pak Walikota juga berdoa di witana yakni tempat awal Kota Cirebon ini berdiri,” katanya.

Patih Qoadiran juga berharap adanya sinergitas dengan Pemerintah Kota Cirebon.
“Dengan adanya sinergi kita dapat melestarikan budaya Cirebon,” katanya. (man/mgg) 

BAGIKAN