Pemprov Ambil Alih Sengketa Tapal Batas

5
KEJAKSAN – Polemik tapal batas antara Kota dan Kabupaten Cirebon saat ini diambil alih oleh Provinsi Jawa Barat. Bahkan tim dari Provinsi sudah melakukan survei untuk menentukan tapal batas antara Kota dan Kabpaten Cirebon.

pemprov ambil alih sengketa tapal batas
Bahas tapal batas wilayah. Foto : Dicki Priyansa/Rakyat Cirebon

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan, pihaknya menyerahkan tapal batas tersebut pada pihak Provinsi. “Sebetulnya sudah tidak ada persoalan mas soal tapal batas, bahkan sudah rampung karena sudah langsung ditanangi oleh Pemprov,” ujar Asep kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Menurutnya, saat ini pihaknya menunggu hasil keputusan dari pihak Provinsi. “Iya kita masih menunggu, karena kita akan serahkan apapun hasilnya dari kajian Provinsi,” paparnya.

Ia mengatakan, persoalan ini langsung ditanangi pihak provinsi. “Dari hasil pembahasan pihak provinsi bahkan Pak Gubernur juga mengatakan, bahwa pihaknya berkeyakinan persoalan ini bisa diselesaikan sampai tingkat provinsi tidak sampai Kemendagri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahaan Setda Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, tim Pemprov sudah mulai melakukan pendataan ulang. “Iya belum lama ini team dari Provinsi sudah datang untuk melakukan pendataan ulang mas,” paparnya.

Ia mengatakan, pendataan ulang team provinsi tersebut sepertinya berpacu pada batas alam. “Malakukan pendataan dari posisi lapangan, kearifan lokal, Kordinator, batas jalan, saat ini tengah dilakukan pendataan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia juga menambahkan saat ini pihaknya masih menunggu hasilnya. “Kita tunggu aja mas, bagaimana hasilnya dan seperti apa, yang jelas persoalan ini sudah langsung ditangani oleh pihak Pemprov,” pungkasnya. (dic)

BAGIKAN