Penataan Infrastruktur Desa Jadi Fokus Utama

328
KUNKER
KUNKER. Komisi IV DPRD Indramayu kungker ke DPRD Kabupaten Bantul mencari referensi tentang pembangunan infrastruktur desa.

INDRAMAYU – Cari referensi dalam penataan infrastruktur, khususnya jalan poros antar desa, Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu melakukan Kunjungan Kerja  (kunker) ke DPRD Kabupaten Bantul.

Ketua Komisi Iv DPRD Indramayu Muhaemin menyatakan, pihaknya senagaja ingin menimba pengalaman dan sharing mengenai penataan infrastruktur desa, salah satu fokus yang ingin didalami yakni mengenai pembangunan jalan poros antar desa, dengan harapan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)  di Kabupaten Indramayu, maksimal dalam meningkatkan infrastruktur bagi pembangunan desa.

Kunker wakil rakyat dari Indramayu diterima Wakil Ketua DPRD Kab Bantul, Hj Arni Tyas Palupi ST, dijelaskan olehnya mengenai penataan desa di Kabupaten Bantul, Pemerintah Desa (Pemdes) dituntut bekerja keras untuk mengeksplorasi sumberdaya dan potensi lokal, tidak lain bertujuan  menggerakkan partisipasi masyarakat secara nyata dalam kerangka usaha, semata-mata demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Selain pembangunan infrastruktur, Pemdes pun dituntut untuk menggerakan masyarakat untuk berwirausaha, sehingga sarana yang sudah dibangun tersebut memberikan manfaat dan mendukung kesejahteraan warganya,” terangnya.

Dicontohkan, Kabupaten Bantul terkenal sebagai daerah sentra pengrajin gerabah, potensi lokal tersebut terus didukukung oleh Pemda, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk jalan poros sebagai penunjang aktifitas kemandirian masyarakat,  ditegaskan oleh Hj Arni Tyas Palupi ST, Pemkab Bantul memberikan bantuan khusus untuk pembuatan jalan poros dari anggaran APBD, teknis anggaranya dititipkan  kepada Pemdes, baik untuk membangun maupun memelihara jalan desa, dukungan yang diberikan oleh Pemda tersebut tidak sia-sia dalam meningkatkan pembangunan jalan poros, alhasil sarana tersebut mendukung kelancaran distribusi produk kerajinan masyarakat. (yan)