Pengembangan Home Industri Harus Lebih Masif

336
Home Industri
HOME INDUSTRI. Calon Walikota Cirebon nomor urut satu, Bamunas S Boediman berdiskusi dengan para pegiat home industri.

PEKALIPAN – Sampai saat ini, masih sedikit hasil olahan atau home industri di Kota Cirebon yang bisa menembus pasar, sehingga harus ada terobosan terobosan baru guna pengembangan produk-produk kreatif dan home industri bisa lebih masif.

Sebagai salah satu tokoh yang basicnya adalah pengusaha, Calon Walikota Cirebon nomor urut satu, Bamunas S Boediman turut menyoroti sektor tersebut.

Beberapa waktu lalu ia berdiskusi dengan beberapa warga yang didominasi ibu-ibu, dimana mereka menyampaikan bahwa saat ini, makanan olahan hasil dari home industri yang mereka produksi sulit untuk dikembangkan.

Melihat keadaan tersebut, Bamunas menilai saat ini  ruang untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya industri rumahan sangat minim bahkan cenderung stagnan.

“Home industri, itu bagus untuk kegiatan di rumah yang menghasilkan, cuma tadi saya tanya, yang mereka (pegiat industri rumahan. red) perlukan itu apa, ternyata ada beberapa hal yang mereka tidak punya, seperti peralatan yang terbatas,” ungkap Bamunas usai berdiskusi.

Untuk itu, ia mencoba mencari formula untuk bisa mengatasi keterbatasan yang ada yang membuat UMKM dan home industri sulit untuk dikembangkan.

Dijelaskan Bamunas, selain kualitas harus baik, produk yang dihasilkan juga memenuhi standar gizi dan melalui perizinan di BPOM, sehingga konsumen percaya keamanan dan kesahatan produk tersebut.