Perda Disabilitas Diprediksi Molor

Perda Disabilitas Diprediksi Molor

RAKYATCIREBON.ID-Rancangan peraturan daerah (Raperda) penyandang disabilitas terus dikebut. Rencana awal, pembahasan sudah dilakukan Maret kemarin. Namun hingga sekarang, baru dilakukan pertemuan dengan penyandang disabilitas.

Rabu besok, Dewan akan kembali membahas Raperda tersebut dengan mengundang organisasi perangkat daerah.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majalengka menekankan perlunya pembentukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penyandang disabilitas. Hal itu dilakukan dalam rangka penghormatan, pemajuan, dan perlindungan bagi penyandang disabilitas.

Anggota panitia khusus (Pansus) Raperda Penyandang Disabilitas Didin Rolani menuturkan, dengan dibuatnya perda mengenai penyandang disabilitas, diharapkan isu disabilitas dapat diselesaikan di Kabupaten Majalengka.

Dengan demikian, lanjut politisi PAN ini, penyandang disabilitas bisa tetap produktif dan memiliki akses yang luas untuk mengembangkan diri.

“Kalau dasar hukumnya Undang-Undang nomor 8 Tahun 2016 tentang Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas,”kata politikus asal Kadipaten ini melalui pesan singkatnya, Rabu (9/6).

Didin menambahkan, dengan dibuatnya perda ini, dapat memberikan payung hukum dan perlindungan bagi penyandang Disabilitas sekaligus menjamin hak asasi manusia dan kebebasan dasar secara penuh.

Itu bisa meliputi fasilitas umum, pelatihan kerja, ketenagakerjaanya, kesehatan, pelaksanaan dan pembinaan olah raganya, reward dan bantuan sosial lainya yang dianggap perlu mereka miliki.

Ketua Pansus Raperda Penyandang Disabilitas Firda Hidayat memaparkan Perda Disabilitas sangat diperlukan untuk mendorong implementasi UU. Selain untuk pemenuhan hak-hak difabel berdasarkan potensi yang ada juga menutup kemungkinan pemerintah daerah untuk abai terhadap persoalan difabilitas.

“Perda disabilitas sangat diperlukan sebagai ruang bagi pemerintah daerah mengatur sendiri hal yang menjadi kewenangannya, berdasarkan situasi yang ada dan sumber daya yang dimiliki secara tepat dan proposional,” kata politisi PDIP ini.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!