Pentas Wayang Kulit Masih Diminati

Pentas Wayang Kulit Masih Diminati

Lebih jauh, Matthew menyebutkan kesenian wayang kulit ini masih banyak dimintai oleh masyarakat khususnya orang dewasa. Terbukti, dari beberapa lokasi yang telah dikunjunginya, Matthew mengaku tidak pernah sepi penonton.

“Setiap kesenian itu memiliki target masing-masing dan wayang ini memang targetnya adalah orang dewasa. Mungkin ada anak-anak yang ikut karena dibawa orang tuanya tetapi mereka belum sepenuhnya memahami alur dari wayang itu sendiri. Sejauh ini, banyak peminat dari wayang kulit,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs H Ramhat Sutrisno MSi mengakui dengan adanya program dari Kemendikbud yang dilaksanakan, membuktikan wilayah kabupaten Cirebon ini sarat dengan kesenian khususnya wayang. Oleh karena itu, Rahmat mengaku pemkab melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga terus berupaya untuk melestarikan semua kesenian tradisional.

“Ini akan memicu kita untuk terus melestarikan kesenian asli Kabupaten Cirebon. Disbudparpora juga sudah memiliki program untuk hal itu,” ungkapnya.

Disinggung mengenai program yang dimaksud, Rahmat menyebutkan adanya beberapa festival wayang serta kerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk mengenalkan kesenian ke siswa. “Revitalisasi sanggar juga kita lakukan agar masyarakat bisa mendalami dan mempelajari kesenian yang dimiliki oleh Kabupaten Cirebon,” tutupnya. (yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!