Peternak Masih Disuplai dari Luar Kota

Peternak Masih Disuplai dari Luar Kota

Disinggung harga jual hewan, Rojai menyebutkan harga bervariasi tergantung jenis dan bobot hewan. Dia mencontohkan, untuk Sapi, kecenderungan masyarakat saat ini guna kebutuhan kurban di kisaran harga Rp 20jutaan.

“Padahal di peternakan kita ada sapi yang harganya mencapai Rp30 juta. Kalau untuk kurban itu biasanya harga sapi Rp21 juta sampai Rp23 juta. Untuk kambing tergantung bobotnya dan paling murah sekitar Rp2,5 juta,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Rojai juga menegaskan pihaknya selalu mengutamakan kesehatan hewan kurban yang diternak maupun diperjualbelikan. “Kita ada pemeriksaan rutin dan ahli hewan yang kita datangkan. Selama ini tidak ada penyakit berat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Dr Ir Ali Effendi mengungkapkan pemeriksaan hewan sudah dilakukan sejak satu bulan menjelang Idul Adha. Dengan demikian, hewan yang akan diperjualbelikan, bisa dipastikan dalam keadaan sehat.

“Belum ada ditemukan penyakit pada hewan kurban. Selain pemeriksaan kesehatan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan apakah hewan cacat atau kurang cukup syarat kurban. Jika memang sudah dinyatakan masuk syarat, maka ada tandanya dan oleh penjual sudah bisa diperjualbelikan,” singkatnya. (yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!