Pihak Ketiga Boleh Memberikan Swadaya

6
Bukan dari Balon Kuwu, Asal Mengikuti Aturan Perundangan

CIREBON – Polemik mengenai kekurangan biaya pelaksanaan pilwu untuk kegiatan diluar komponen yang tidak tercakup dalam bantuan anggaran dari APBD bisa dari pihak ketiga. Dijelaskan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Cirebon, Dian Henawa Sushanty, bahwa sesuai undang-undang nomor 6/2014 tentang desa, salah satu pasalnya menjelaskan bahwa anggaran pemilihan kuwu (pilwu) dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota.

dian henawan sushanty cirebon
Dian Henawan Sushanty. doc. Rakyat Cirebon

“Dalam undang-undang nomor 6/2014, anggaran pilwu dibebankan pada anggaran kabupaten, dan pada penjelasan undang-undang ini dijelaskan pula anggaran tersebut untuk pembiayaan komponen apa saja pelaksanaannya,” ujar wanita yang juga merupakan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon ini kepada Rakyat Cirebon.

Dipaparkan perempuan yang akrab dipanggil Shanty tersebut bahwa ketentuan itu diperkuat dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 112/2014 mengenai pemilihan kepala desa, yang mengatakan bahwa ada lima komponen yang masuk dalam pembiayaan oleh APBD. Menurutnya dalam peraturan menteri tersebut, jika memungkinkan adanya komponen diluar biaya pilwu yang masuk dalam bantuan anggaran dari pemda, maka kekurangannya bisa berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) serta pihak ketiga.

“Jika dalam pelaksanaan pilwu ada komponen lain diluar yang sudah di anggarkan pemda, maka memungkinkan biayanya dari APBDesa dan pihak ketiga dengan melalui APBDesa,” katanya.
Dikatakan Shanty, bila memang APBDesa sendiri tidak memungkinkan untuk membiayai pilwu, maka kekurangnannya bisa berasal dari pihak ketiga berupa swadaya. Masih dikatakan Shanty, dalam hal ini sebaiknya balon kuwu untuk tidak diminta swadaya terkait kekurangan tersebut, pasalnya hal tersebut untuk menghindari adanya gugatan pasca pilwu.  “Walaupun balon kuwu bilang ikhlas memberikan swadaya tetapi itu tidak menjamin kalau balon kuwu kalah akan bener ikhlas,” ungkapnya. (caz/mgg)

BAGIKAN