Pilkada Usai, FMD Cari Ketua Dewan

Pilkada Usai, FMD Cari Ketua Dewan

KEJAKSAN – Sekelompok mahasiswa yang menamakan diri dari Front Mahasiswa Demokrasi (FMD) melakukan aksi unjuk rasa dengan meluruk gedung DPRD, Senin (09/07) kemarin. Mereka datang untuk mempertanyakan fungsi Legislatif dalam pelaksanaan Pilkada.

Setelah beberapa lama berorasi dan membakar ban di depan Gedung Dewan, masa aksi pun ditemui oleh anggota Komisi III, Jafarudin, namun mereka tak merasa puas karena yang mereka inginkan adalah bertemu langsung dengan Ketua DPRD yang sedang tidak ada ditempat.

Penjelasan dari Jafarudin bahwa ketua DPRD tidak ada ditempat pun tetap tak membuat mereka puas, akhirnya, mereka melakukan sweaping untuk memastikan bahwa KEtua DPRD, Edi Suripno memang benar-benar tidak ada di kantornya.

Koordinator Aksi Front Mahasiswa Demokrasi (FMD), Ucup mengaku kecewa karena tak berhasil bertemu dengan pimpinan DPRD, padahal maksud kedatangannya adalah untuk meminta penjelasan sejauh mana fungsi controling legislatif dalam pelaksanaan Pikada, mengingat anggaran Pilkada disusun oleh DPRD yang juga memiliki fungsi Budgeting.

“Kami merasa kecewa karena tidak ditemui oleh ketua DPRD dan ketua Komisi I, padahal ini hari Senin, tapi kenapa mereka tidak ada di tempat. Kami hanya ingin menanyakan sejauh mana fungsi controling legislatif dalam Pilkada, karena anggaran Pilkada ditetapkan oleh legislatif,” ungkap Ucup usai memeriksa seluruh kantor DPRD.

Aksi yang dilakukan FMD, lanjut Ucup, adalah merupakan bentuk kekecewaan karena sistem demokrasi yang seharusnya berjalan dengan baik, dikotori oleh praktek-praktek yang bertolak belakang dengan demokrasi.

“Kami tekankan, tidak sama sekali berpihak pada salahsatu pasangan, karena siapapun yang terpilih, jika dilahirkan dari sistem demokrasi yang jujur kami akan kawal, tetapi jika pelaksaan demokrasinya seperti ini, maka kami juga harus bergerak,” ujar Ucup.

Setelah melakukan sweaping dan tidak menemui Ketua DPRD, masa aksi pun kembali berorasi dan kemudian membubarkan diri. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!