PKB Minta KPU Lebih Netral

PKB Minta KPU Lebih Netral

“Bahkan Wabup dari Partai yang mengusung calon petahana itu sudah sampaikan perolehan suara dari masing-masing pasangan calon dan menyampaikan siapa yang unggul sekaligus dengan prosentasenya. Parahnya hal itu diekspose di publik melalui media sosial facebook,” katanya.

Kehadiran Ketua KPU Saefudin Jazuli tentu secara langsung ikut mengumumkan kepada publik terkait berapa perolehan suara saat ini, sementara penghitungan suara sedang berlangsung di tingkat PPK. “Kami mohon agar KPU tidak bertindak yang bukan menjadi kewenangannya dan memancing emosi tim pemenangan pasangan calon,” katanya.

Dikatakan, KPU tidak bertugas melaporkan hasil perolehan suara kepada Pemkab atau Desk Pilkada seperti yang tampak pada pernyataan Wabup pada saat teleconference yang terpublikasi secara luas di media sosial. “Posisi KPU adalah setara dengan Desk Pilkada, kami jujur merasa aneh,” tegasnya.

Menurut Waswin, tugas dan fungsi (Tupoksi) Desk Pilkada dalam aturan juga dituliskan yakni melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada dan melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan Pilkada secara berjenjang. “Bukan melaporkan hasil perolehan suara apalagi dipublikasikan. Kalau internal antar pemerintah mungkin tidak akan sebesar ini reaksi kami,” bebernya.

Senada juga dikemukakan oleh Cabup Cirebon H Mohamad Luthfi bahwa kejanggalan yang dilakukan KPU membuat pihaknya makin merapihkan hasil C1 dan mengawal penghitungannya dari tingkat KPPS PPK hingga Pleno KPU tingkat Kabupaten.

“Kami rasa untuk surat suara yang hilang kemudian tiba-tiba berganti menjadi terbakar bersama suarat suara yang rusak menurut kami janggal. Kami mohon seluruh saksi maupun masyarakat agar mengawal proses penghitungan suara yang kini dilakukan di PPK, agar suara yang masuk di TPS hingga ke tingkat Kabupaten utuh,” katanya. (vic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!