PKPI Daftar di Menit Terakhir

Bacaleg PDIP Belum Sertakan Surat dari Pengadilan Negeri, Garuda Cuma Pasang 2 Bacaleg

475
PKPI DITERIMA. Pengurus DPK PKPI Kota Cirebon saat menerima berita acara penerimaan berkas pendaftaran, tadi malam pukul 23.59 WIB.

CIREBON – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kota Cirebon ditutup tadi malam pukul 00.00 WIB oleh KPU Kota Cirebon. Sebanyak 16 partai politik (parpol) secara resmi mendaftarkan para bacalegnya untuk mengikuti Pileg 2019 mendatang.

Berdasarkan data yang dihimpun Rakyat Cirebon, di satu hari sebelum penutupan atau Senin (16/7), hanya PKB dan Partai Nasdem yang mendaftar. Sedangkan pada hari terakhir atau Selasa (17/7) secara berturut-turut, PAN, Partai Demokrat, PKS, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Golkar, PBB, PPP, PSI, Partai Berkarya, PDIP, Partai Gerindra, Partai Garuda dan PKPI mendaftar.

Dari belasan parpol tersebut, Partai Garuda menjadi parpol dengan jumlah bacaleg paling sedikit. Hanya dua bacaleg yang dipasang, di Dapil II Harjamukti. Persis pukul 23.45 WIB, berkas Partai Garuda dinyatakan diterima. “Kita hanya dua bacaleg yang didaftarkan. Semua di Dapil II Harjamukti,” kata Ketua DPC Partai Garuda, Sutrisno.

Nasib lebih dramatis harus diterima PKPI. Berkas pendaftaran bacaleg mereka baru bisa diterima KPU pukul 23.59 WIB.‎ Persis satu menit menjelang penutupan, tanda terima berkas pendaftaran diterima oleh Ketua DPK PKPI Kota Cirebon, Juherman SH didampingi Sekretaris DPK PKPI, Saptaji dan Anggota DPRD dari PKPI, H Budi Gunawan. “Alhamdulillah kita bisa mendaftarkan ke KPU,” kata Juherman.‎