PLN Mulai Pasang Listrik Gratis

3
MAJALENGKA-PLN kembali menggulirkan program listrik gratis dengan sasaranya warga miskin. Salah satu kabupaten yang mendapatkan program tersebut yakni Kabupaten Majalengka.

pln majalengka
PLN Majalengka. Foto : Pai Supardi/Rakyat Majalengka

Dimana beberapa warga di 26 Kecamatan yang ada di Majalengka saat ini mendapatkan giliran pemasangan listrik gratis pada program bantuan tahun 2014. Program tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik di masyarakat,

Dari pantauan Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group) di Kecamatan Sindangwangi, ada tiga desa yang mendapatkan program itu. Diantaranya Desa Ujungberung, Balagedog dan Lengkong Wetan. Pemasangan instalasi sendiri dilakukan oleh teknisi PLN secara gratis.

Menurut Kepala Desa Ujung Berung, Tari Kusnadi SE kepada Raja mengatakan, dalam program itu sedikitnya 67 warganya berkesempatan mendapatkan bantuan listrik gratis dari PLN. Mereka yang mendapatkan bantuan merupakan warga yang masuk dalam katagori miskin. Sejauh ini, kata dia, masih banyak warga di desanya yang belum memiliki listrik sendiri, sebagian besar merupakan warga kurang mampu.

Pihaknya mengaku sangat bersyukur dengan adanya program listrik gratis yang dilakukan PLN. Diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan listrik di desanya.

“Dari sekitar 3000 lebih KK di desa kami, memang ada beberapa rumah yang belum memiliki aliran listrik sendiri. Program listrik desa (Lisdes) ini sangat membantu sekali, dan saya berharap program-program seperti ini bisa terus simultan. Karena dampaknya sangat dirasakan sekali oleh masyarakat,”ucapnya.

Saat disingung terkait adanya isu pungutan kepada para konsumen yang mendapatkan bantuan listrik gratis sebesar Rp 300 ribu, Tari membantahnya dan memastikan jika program pemasangan listrik di 67 rumah di desanya gratis.

“Engga ada, program itu kan program listrik gratis tidak ada pungutan atau pembebanan biaya pada konsumen. Semuanya gratis, dan semua pemasanganya dilakukan pihak PLN, desa hanya memfasilitasi dan mengajukan program saja,”tegasnya.

Sebelumnya, Humas PLN Majalengka, Khumaedi saat berkunjung ke Kantor Rakyat Majalengka dan Radar Majalengka mengatakan, jika pihaknya akan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Pihaknya juga mengajak media ikut membantu dalam mensukseskan sejumlah program PLN. “Apalagi saat ini kebutuhan listrik di Majalengka akan sangat besar seiring dengan makin pesatnya Majalengka yang menjadi kota industri dan metropolis dengan adanya BIJB,”imbuhnya. (pai)

BAGIKAN