Potensi Ekspor Capai Ratusan Miliar Rupiah

Potensi Ekspor Capai Ratusan Miliar Rupiah

CIREBON Pemerintah Kota Cirebon terus berupaya mendorong para nelayan agar menjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sesuai aturan yang berlaku. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu konversi mesin kapal nelayan yang berasal dari pemerintah pusat karena dipastikan mampu memangkas biaya produksi nelayan.

“Kota Cirebon dapat 17 konverter kit, dan 3 alat traktor, semoga ini bisa memangkas ketergantungan terhadap tengkulak,” kata Pj Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik MSi, Kamis (27/5).

Dedi menilai, ketergantungan nelayan terhadap tengkulak karena besarnya kebutuhan modal. Maka dari itu jika bantuan konverter kit dari Kemenristek mulai digunakan nelayan dan memangkas biaya operasional, maka ketergantungan kepada tengkulak juga bisa berkurang.

“Bantuan datang dari pusat, tapi dalam hal ini Pemerintah Kota Cirebon berkontribusi dalam hal pembinaan nelayan,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Cirebon juga mendukung pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, karena melihat besarnya potensi ekonomi di tempat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!