Prabowo Hadiri Parade Kemenangan Rusia

Prabowo Hadiri Parade Kemenangan Rusia

RAKYATCIREBON.ID-Di tengah corona yang makin menggila, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto nekat terbang ke Rusia. Dia menjadi Menteri pertama yang keluar negeri di tengah pandemi corona. Dia menyalip Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri.

Kabar kunjungan kerja Prabowo ke Rusia diketahui dari akun Instagram Kemenhan, Selasa lalu. Dari akun yang sudah bercontreng biru itu, diceritakan Prabowo berada di Rusia dalam rangka menghadiri undangan Menhan Rusia untuk menyaksikan Parade Ulang Tahun ke-75 Kemenangan Rusia terhadap Jerman di Perang Dunia II tahun 1941-1945.

Ada sejumlah agenda yang diikuti Prabowo. Agenda pertama adalah menggelar pertemuan dengan Wamenhan Rusia Colonel General Alexander Formin di Kantor Kemenhan Rusia, Moscow.

Apa yang dibicarakan? Dalam keterangan foto disebutkan, pertemuan membicarakan hubungan bilateral dan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, latihan bersama, serta kerja sama Industri Pertahanan.

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan Brigjen Rui FGP Duarte dan Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi.

Foto selanjutnya adalah menyaksikan parade dan defile peringatan Ke-75 tahun kemenangan Rusia terhadap Jerman. Akun itu mengunggah video saat Prabowo yang mengenakan stelan jas menyaksikan pawai di lapangan merah Kremlin. Kemenhan juga mengunggah foto pertemuan Prabowo dengan menteri Pertahanan China H. E. Wei Fenghe, di lokasi yang sama.

Jubir Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan, kunjungan Prabowo untuk menghadiri undangan khusus dari Rusia untuk Russian Victory. Ini adalah hari spesial bagi negara Rusia. Di acara ini hampir semua kepala negara, perdana menteri dan pejabat diundang.

Dahnil memastikan Prabowo ke Rusia ataa seizin Presiden Jokowi.“Kehadiran Pak Prabowo juga dalam rangka menjaga diplomasi pertahanan bilateral kita dengan baik. Apalagi Rusia ada bagian dari geopolitik dan geostratregis kita,” kata Dahnil, saat dikontak Rakyat Merdeka.

Bagi pihak Rusia, kata dia, kehadiran negara sahabat juga penting. Karena menjadi simbol seperti apa atensi negara sahabat kepada Rusia.

Selain agenga utama itu, Dahnil mengatakan Prabowo juga menggelar pertemuan terkait kerjasama bilateral pertahanan pendidikan, industri pertahanan. Dan secara spesifik pembelian alutsista.

Apakah dalam perjalanan ini Prabowo mengikuti protokol kesehatan seperti menjalani karantina? Dia bilang, sebelum berangkat, Prabowo sudah mengikuti protokol kesehatan. baik protokol kesehatan yang dibuat pihak Rusia maupun kita. Termasuk karantina.

“Kalau disuruh milih, pasti Pak Prabowo memilih tugas di dalam negeri saja. Karena ini tugas negara, beliau berangkat,” pungkasnya.

Sampai tadi malam, foto-foto yang diunggah Kemenhan itu mendapat banyak like dan tanggapan. Komentarnya pun beragam. ada yang mempertanyakan kunjungan keluar negeri. maklum, kunjungan kali ini dilakukan saat pandemi virus corona.

Ini bukan kali pertama Prabowo dikritik karena sering keluar negeri. Pada saat baru menjabat, dia juga dikritik. Belum genap tiga bulan, Prabowo sudah berkunjung ke 7 negara antara lain malaysia, Thailand, Turki, China, Filipina, dan Jepang. Setelah itu, Prabowo melakukan lawatan ke Eropa mengunjungi Prancis dan Jerman.

Akun @nanangartanto menyarankan agar Prabowo mengenakan masker N95 jika melakukan kunjungan ke luar negeri. “Dari aspek K3 masuk persyaratan dan dari aspek estetika juga lebih berwibawa. Sekedar saran saja,” ujar @nanangartanto. “Itu pas pulang ke Indonesia di karantina nggak,” celetuk @kurniawa_candra10.

Sebagian pengguna instagram juga menanyakan maksud Prabowo ke sana. Ada yang mengira kunjungan itu dalam rangka membeli alutsista Rusia. Seperti disampaikan akun @why_dn21. “Borong Pak menhan. Jangan lupa S300, S400, pantsir, bUK m2E. Beli juga rudal iskander, klub, Cilo class, SU35. Itu dulu dah,” ujarnya. Nama-nama yang ditulis adalah jenis senjata rudal.

Rencana pembelian alutsista dari Rusia memang sudah lama terdengar. Tepatnya ketika Prabowo menggelar kunker ke Rusia akhir Januari lalu. (rmco)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!